Widana, I Kadek Wahyu (2021) DEVELOPING DISCOVERY-BASED LEARNING EDUCATIONAL VIDEO FOR 6TH GRADE STUDENTS IN ELEMENTARY SCHOOL AS ENGLISH LEARNING MEDIA AT BULELENG REGENCY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021138-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABTSRAK)
1712021138-ABSTRAK.pdf Download (242kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021138-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (462kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021138-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021138-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (569kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021138-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021138-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021138-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (418kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021138-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan video pendidikan berbasis Discovery-based learning sebagai model pembelajaran saintifik yang bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran bahasa Inggris siswa kelas 6 SD. Video edukasi ini dibuat berdasarkan kombinasi beberapa media seperti animasi, teks, dan juga gambar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 6 SD di Kabupaten Buleleng. Penelitian ini mengadopsi metode dari Richey dan Klein (2007) yaitu Design and Development. Ada empat tahapan dalam metode Design and Development, yaitu (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) evaluasi. Dalam proses pengumpulan data, penelitian ini menggunakan beberapa instrumen, seperti pedoman wawancara, analisis dokumen, cetak biru, rubrik penilaian untuk expert judgement dan guru, serta angket. Hasil dari penelitian ini berupa prototipe video pendidikan berbasis discovery learning. Ada dua topik yang terlibat dalam pengembangan prototipe video pendidikan. Topik pertama adalah Pakaian, dan topik kedua adalah Hewan. Dalam memastikan kualitas prototipe video pendidikan, video tersebut dianalisis berdasarkan data yang dikumpulkan dari para ahli, guru, dan juga siswa. Dalam mengumpulkan data terkait kualitas video, penelitian ini menggunakan beberapa instrumen seperti rubrik penilaian ahli, rubrik penilaian guru, dan juga angket siswa. Hasil analisis kualitas menunjukkan bahwa kedua prototipe video pendidikan tersebut mencapai nilai yang baik untuk diterapkan oleh guru sebagai media pembelajaran, serta sesuai untuk siswa kelas 6 SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Penemuan, Pembelajar Muda |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I Kadek Wahyu Widana |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 12:52 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 12:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7255 |
Actions (login required)
View Item |