DEVELOPING ANDROID APPLICATION-BASED DIGITAL FOLKTALES LEARNING MATERIALS TO DEVELOP THE PRIMARY SCHOOL STUDENTS’ CREATIVITY

Jayanti, Ida Ayu Made Trisna Dwi (2021) DEVELOPING ANDROID APPLICATION-BASED DIGITAL FOLKTALES LEARNING MATERIALS TO DEVELOP THE PRIMARY SCHOOL STUDENTS’ CREATIVITY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021197-COVER.pdf

Download (691kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021197-ABSTRAK.pdf

Download (232kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021197-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (265kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021197-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021197-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021197-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021197-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021197-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021197-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Android Applicatin-Based Digital Folktales Learning Materials untuk mengembangkan kreativitas siswa. Munculnya Covid-19 menuntut siswa untuk belajar dari rumah. Dalam hal ini, guru harus menemukan cara yang efektif dan menyenangkan agar dapat mengajar siswa dan mengembangkan kreativitas mereka selama situasi ini. Hal tersebut mendorong dikembangkannya sebuah aplikasi android yang diberi nama Aplikasi Android Materi Pembelajaran Cerita Rakyat Digital Berbasis Aplikasi Android untuk membantu guru dalam mengajar bahasa Inggris dan mengembangkan kreativitas siswa. Situasi ini mendorong dikembangkannya sebuah aplikasi android yang disebut Android Applicatin-Based Digital Folktales Learning Materials untuk membantu guru dalam mengajar bahasa Inggris dan mengembangkan kreativitas siswa. Pengembangan produk dilakukan dalam penelitian Design and Development (DnD) yang terdiri dari empat tahap yaitu analysis, design, development, dan evaluation (ADDE). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD dan guru bahasa Inggris di SD Lab Undiksha Singaraja. Instrumen yang digunakan meliputi kuesioner, pedoman wawancara, silabus ceklis, expert judgement, dan data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk ini merupakan produk yang sangat baik. Dengan demikian, aplikasi android ini bermanfaat untuk guru Bahasa Inggris dalam mengembangkan kreativitas siswa sekolah dasar. Dengan menggunakan aplikasi ini, guru Bahasa Inggris dapat mengajar siswa dengan menggunakan teknologi dan penggunaan aplikasi ini sangat disarankan karena aplikasi ini dapat mencipatakan situasi belajar yang menyenangkan dan menarik. Aplikasi ini juga dapat membantu siswa untuk menjadi pelajar yang mandiri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Android, Kreativitas, Pembelajaran Jarak Jauh, Siswa Kelas Enam.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ida Ayu Made Trisna Dwi Jayanti
Date Deposited: 24 Jul 2021 11:23
Last Modified: 24 Jul 2021 11:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7306

Actions (login required)

View Item View Item