Pengembangan Serious Game Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran pada Materi Gabungan Bangun Ruang untuk Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar

Wijaya, I Wayan Jana (2021) Pengembangan Serious Game Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran pada Materi Gabungan Bangun Ruang untuk Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713011061-COVER.pdf

Download (934kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713011061-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011061-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (127kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011061-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011061-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011061-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011061-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011061-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713011061-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan serious game yang memenuhi persyaratan efektivitas dan kegunaan sebagai media pembelajaran. Serious game yang dikembangkan berperan sebagai media pembelajaran pada materi gabungan bangun ruang kelas 6 SD. Model pengembangan yang diterapkan adalah sebagian langkah-langkah dari model 4-D meliputi tahap define, design, dan develop. Media serious game terdiri dari tiga level, yaitu level 1, level 2, dan level 3 dengan masing-masing tantangan mengenal bangun ruang, mengenal gabungan bangun ruang, dan menghitung volume bangun ruang. Uji validitas isi pada media mendapatkan koefisien validitas isi 1 dan berada pada kriteria validitas sangat tinggi. Hasil validitas media yang diperoleh skor rata-rata sebesar 2.82 dengan kriteria valid. Uji coba terbatas dilakukan pada 10 siswa kelas 6 di SD Negeri 1 Peliatan untuk mengetahui tingkat efektivitas dan tingkat kegunaan media yang dikembangkan. Tingkat efektivitas media yang diperoleh sebesar 80% dan sudah memenuhi kriteria efektif. Untuk tingkat kegunaan media diperoleh skor akhir sebesar 81.25 dengan kriteria dapat diterima sebagai media pembelajaran untuk materi gabungan bangun ruang. Informasi tambahan yang diperoleh adalah ketika memainkan media serious game yang dikembangkan, siswa terlihat senang dan antusias. Berdasarkan hasil tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa media serious game dapat menjadi media yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: serious game, gabungan bangun ruang, model 4-D.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I WAYAN JANA WIJAYA
Date Deposited: 24 Jul 2021 23:59
Last Modified: 24 Jul 2021 23:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7352

Actions (login required)

View Item View Item