Handayani, Made Sonia (2021) DEVELOPING LEARNING VIDEO FOR TEACHING ENGLISH USING PROBLEM-BASED FOR 6TH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS AT BULELENG REGENCY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021151-COVER.pdf Download (396kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021151-ABSTRAK.pdf Download (100kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021151-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (173kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021151-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021151-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021151-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021151-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021151-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021151-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran dengan mengambil salah satu model pembelajaran saintifik sebagai basis prosedur pembelajaran dalam video tersebut yaitu Problem-based Learning dimana video ini ditargetkan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas 6 sekolah dasar. Penelitian ini menerapkan model Desain dan Pengembangan oleh Richey & Klein (2007) yang dimana memiliki 4 tahapan meliputi Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), dan Evaluasi (Evaluation) yang sering disingkat ADDE. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa di sekolah dasar di Kabupaten Buleleng. Penelitian ini menggunakan lima jenis instrument yaitu pedoman wawancara, kuesioner, studi dokumen, manuskrip, penilaian guru, dan penilaian ahli. Pedoman wawancara ditujukan untuk guru dan siswa pada tahap analisis, kuesioner diberikan pada siswa pada tahap evaluasi, studi dokumen dan manuskrip digunakan pada tahap desain, penilaiaan ahli digunakan pada tahap pengembangan dan penilaiaan guru digunakan pada tahap evaluasi. Produk yang dihasilkan pada peneilian ini berupa prototype video yang menggunanakan metode Problem-based learning. Terdapat dua video dengan dua topik yang berbeda yang dihasilkan pada penelitian ini. Video pertama mengambil topik Kegiatan di sekolah (School Activities) dan video kedua mengambil topik Kegiatan di rumah (Daily Activities at Home). Terdapat beberapa uji yang dilakukan terhadap video tersebut meliputi uji ahli di bidang akademik, dan uji dari pengguna yaitu penilaian guru dan respon siswa. Berdasarkan pengujian tersebut, kualitas kedua video yang sudah dikembangkan mendapatkan rating sebagai media pembelajaran yang sangat baik untuk pembelajaran Bahasa Inggris kelas 6 di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video, problem-based learning, media, siswa sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Made Sonia Handayani |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 12:57 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 12:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7530 |
Actions (login required)
View Item |