Dewi, Putu Krisnawa (2021) Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa Selama Pembelajaran Daring. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1413011052-COVER.pdf Download (531kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1413011052-ABSTRAK.pdf Download (170kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1413011052-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (302kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1413011052-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1413011052-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1413011052-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1413011052-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1413011052-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (391kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1413011052-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji motivasi belajar matematika siswa selama pembelajaran daring. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Jadi penelitian kuantitatif deskriptif adalah penelitian yang mengolah data yang didapatkan dari sampel penelitian dengan analisis statistik kemudian hasilnya dideskripsikan sesuai hasil analisisnya. Sumber data penelitian adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tampaksiring yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data motivasi belajar siswa diperoleh dengan menggunakan instrument penelitian berupa angket tertutup yang mana pertanyaan atau pernyataan dan alternatif jawabannya telah ditentukan sehingga responden hanya memilih jawaban yang sudah disediakan. Angket yang digunakan dalam penelitian ini disusun berdasarkan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan mengolah data hasil angket kemudian hasilnya diinterpretasikan secara deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata tingkat motivasi belajar matematika siswa selama pembelajaran daring berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 76,59. Untuk tiap indikator yang berkategori tinggi yaitu, indikator hasrat dan keinginan berhasil (23,53), indikator dorongan dan kebutuhan dalam belajar (12,03), indikator harapan dan cita-cita masa depan (16,21), indikator kegiatan yang menarik dalam belajar (7,40), dan indikator lingkungan belajar yang kondusif (7,26). Kemudian untuk indikator penghargaan dalam belajar (10,14) berkategori sedang. Jika dilihat dari jenis motivasi belajar, kedua motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik berkategori tinggi, namun motivasi intrinsik lebih berpengaruh dibandingkan motivasi ekstrinsik. Kesimpulan, selama pembelajaran daring motivasi belajar siswa cenderung tinggi dengan sumber motivasi yang berasal dari dalam diri siswa lebih tinggi dibandingkan dengan rangsangan dari luar diri siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekstrinsik, Intrinsik, Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | PUTU KRISNAWA DEWI |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 17:00 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 17:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7535 |
Actions (login required)
View Item |