Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa Selama Pembelajaran Daring

Dewi, Putu Krisnawa (2021) Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa Selama Pembelajaran Daring. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1413011052-COVER.pdf

Download (531kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1413011052-ABSTRAK.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1413011052-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (302kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1413011052-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1413011052-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1413011052-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1413011052-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1413011052-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1413011052-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji motivasi belajar matematika siswa selama pembelajaran daring. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Jadi penelitian kuantitatif deskriptif adalah penelitian yang mengolah data yang didapatkan dari sampel penelitian dengan analisis statistik kemudian hasilnya dideskripsikan sesuai hasil analisisnya. Sumber data penelitian adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tampaksiring yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data motivasi belajar siswa diperoleh dengan menggunakan instrument penelitian berupa angket tertutup yang mana pertanyaan atau pernyataan dan alternatif jawabannya telah ditentukan sehingga responden hanya memilih jawaban yang sudah disediakan. Angket yang digunakan dalam penelitian ini disusun berdasarkan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan mengolah data hasil angket kemudian hasilnya diinterpretasikan secara deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata tingkat motivasi belajar matematika siswa selama pembelajaran daring berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 76,59. Untuk tiap indikator yang berkategori tinggi yaitu, indikator hasrat dan keinginan berhasil (23,53), indikator dorongan dan kebutuhan dalam belajar (12,03), indikator harapan dan cita-cita masa depan (16,21), indikator kegiatan yang menarik dalam belajar (7,40), dan indikator lingkungan belajar yang kondusif (7,26). Kemudian untuk indikator penghargaan dalam belajar (10,14) berkategori sedang. Jika dilihat dari jenis motivasi belajar, kedua motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik berkategori tinggi, namun motivasi intrinsik lebih berpengaruh dibandingkan motivasi ekstrinsik. Kesimpulan, selama pembelajaran daring motivasi belajar siswa cenderung tinggi dengan sumber motivasi yang berasal dari dalam diri siswa lebih tinggi dibandingkan dengan rangsangan dari luar diri siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ekstrinsik, Intrinsik, Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: PUTU KRISNAWA DEWI
Date Deposited: 26 Jul 2021 17:00
Last Modified: 26 Jul 2021 17:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7535

Actions (login required)

View Item View Item