Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Aspek Kognitif Khususnya Kemampuan Klasifikasi Pada Anak Usia Dini Kelompok B TK Swadharma Kumara, Serongga, Gianyar

Aryani, Ni Wayan (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Aspek Kognitif Khususnya Kemampuan Klasifikasi Pada Anak Usia Dini Kelompok B TK Swadharma Kumara, Serongga, Gianyar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711061049-COVER.docx.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711061049-ABSTRAK.docx.pdf

Download (59kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711061049-BAB 1 PENDAHULUAN.docx.pdf

Download (138kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711061049-BAB 2 KAJIAN TEORI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711061049-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711061049-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711061049-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711061049-DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf

Download (158kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711061049-LAMPIRAN.docx.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mengembangkan video pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada aspek kognitif khususnya kemampuan klasifikasi pada anak usia dini kelompok B TK Swadharma Kumara,Serongga, Gianyar. (2) Mengetahui penilaian ahli materi dan ahli media terhadap video pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada aspek kognitif khususnya kemampuan klasifikasi pada anak usia dini kelompok B TK Swadarma Kumara, Serongga, Gianyar. Pengembangan aplikasi video pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan model pengembangan (ADDIE) melalui 5 tahap yaitu: a) Analysis (Analisis). Analisis kebutuhan peserta didik yaitu membutuhkan kegiatan pembelajaran yang bervariasi. b) Design (Desain). Perancangan desain produk berupa storyboard dan flowchart. Perangkat yang digunakan yaitu Adobe Premiere Pro CC 2020 dan Unity. c) Development (Pengembangan). Pada tahap ini melakukan pembuatan video pembelajaran dan produk Aplikasi. Selain itu, validasi yang dilakukan oleh ahli media pembelajaran, materi, dan desain pembelajaran. d) Implementation (Implementasi). Pada tahap ini menerapkan produk yang dikembangkan di Kelompok B TK Swadharma Kumara, Serongga, Gianyar. e) Evaluation (Evaluasi). Pada tahap ini melakukan evaluasi terhadap aplikasi video pembelajaran berbasis multimedia interaktif sesuai dengan hasil analisis uji ahli dan penilaian peserta didik setelah menggunakan aplikasi video pembelajaran berbasis multimedia interaktif Aplikasi video pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan berdasarkan hasil analisis uji ahli media dan desain pembelajaran diperoleh persentase tingkat pencapaian 85 % yang berarti baik/layak, dan untuk hasil analisis uji ahli materi diperoleh persentase tingkat pencapaian 93% yang berarti sangat baik/ sangat layak digunakan. Dari hasil analisis data uji ahli media, desain, dan materi pembelajaran diperoleh hasil perhitungan rata-rata yaitu 87,67% yang dapat dikategorikan Baik/Layak. Dari hasil tersebut maka aplikasi video pembelajaran berbasis multimedia interaktif dapat dikatakan baik atau layak digunakan di Kelompok B TK Swadharma Kumara, Serongga, Gianyar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video, Multimedia Interaktif, Kognitif, ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Ni Wayan Aryani
Date Deposited: 25 Jul 2021 19:20
Last Modified: 25 Jul 2021 19:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7563

Actions (login required)

View Item View Item