Fahruddin, Agus Faiz (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELJARAN PENGAPLIKASIAN ARDUINO SEBAGAI MEDIA PENGENALAN DAN PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIKA BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1615061017-COVER.pdf Download (540kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1615061017-ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615061017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (231kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615061017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (720kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1615061017-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (582kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1615061017-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1615061017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615061017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1615061017-LAMPIRAN.pdf Download (23MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan Pengembangan Media Pembelajaran Pengaplikasian Arduino sebagai Media Pengenalan dan pengukuran Komponen Elektronika Berbasis Mikrokontroler Arduino yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran, untuk mengetahui kelayakan digunakan sebagai media pembelajaran dan mengetahui respons yang baik dari peserta didik pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Program Keahlian Teknik Audio Video (TAV). Penelitian ini, termasuk model penelitian R&D (Research and Development). Penelitian menggunakan angket atau kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data oleh ahli isi (materi), ahli media dan peserta didik. Dari hasil penelitian diperoleh: hasil uji coba ahli Media diperoleh nilai persentase sebesar 94,04% dengan klasifikasi sangat layak, hasil uji coba ahli Materi diperoleh persentase sebesar 92,5% dengan klasifikasi sangat layak, hasil uji kelompok kecil hasil nilai responden terendah yaitu pada responden 5 (45) dengan skor 58 sudah termasuk klasifikasi sangat baik, hasil uji kelompok besar hasil nilai responden terendah yaitu pada responden 13 (R13) dan 15 (R15) dengan skor 57 sudah termasuk klasifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, media Pembelajaran Pengenalan Komponen Elektronika Berbasis Mikrokontroler Arduino layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Program Keahlian Teknik Audio Video (TAV) SMK Negeri 1 Denpasar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Media Pembelajaran, Mikrokontroler, Arduino, Dasar listrik dan Elektronika |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Elektro (S1) |
Depositing User: | AGUS FAIZ FAHRUDDIN |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 23:13 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 23:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7585 |
Actions (login required)
View Item |