PENGARUH PELATIHAN PLYOMETRIC TERHADAP DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN HASIL JARAK LOMPATAN START RENANG

Suratno, Suratno (2021) PENGARUH PELATIHAN PLYOMETRIC TERHADAP DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN HASIL JARAK LOMPATAN START RENANG. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829121017-COVER.pdf

Download (583kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829121017-ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829121017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (517kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829121017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829121017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829121017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (877kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829121017-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829121017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (476kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829121017-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan membuktikan apakah terdapat perbedaan daya ledak otot tungkai dan hasil jarak lompatan start renang antara kelompok peserta didik yang mengikuti pelatihan plyometric reaction box jump dan kelompok peserta didik yang mengikuti pelatihan plyometric stair jump pada peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler cabang renang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini seluruh peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler renang SMA Negeri 2 Kuta tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 42 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan ordinal pairing. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan pengukuran. Penelitian ini dilaksanakan selama 8 minggu yang terbagi dalam tiga kegiatan diantaranya tes awal (pre-test), perlakuan (treatment) dan tes akhir (post-test). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : (1) terdapat perbedaan daya ledak otot tungkai dan hasil jarak lompatan start renang antara kelompok peserta didik yang mengikuti pelatihan plyometric reaction box jump dan kelompok peserta didik yang mengikuti pelatihan plyometric stair jump pada peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler cabang renang, (2) terdapat perbedaan daya ledak otot tungkai antara kelompok peserta didik yang mengikuti pelatihan plyometric reaction box jump dan kelompok peserta didik yang mengikuti pelatihan plyometric stair jump pada peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler cabang renang, (3) terdapat perbedaan hasil jarak lompatan start renang antara kelompok peserta didik yang mengikuti pelatihan plyometric reaction box jump dan kelompok peserta didik yang mengikuti pelatihan plyometric stair jump pada peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler cabang renang, (4) pelatihan plyometric reaction box jump lebih baik jika dibandingkan dengan pelatihan plyometric stair jump pada peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler cabang renang. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan bagi para pendidik pengampu ekstrakurikuler renang agar menggunakan pelatihan plyometric reaction box jump dan pelatihan plyometric stair jump sebagai alternatif inovasi pelatihan untuk memotivasi peserta didik dan untuk meningkatkan prestasi renang peserta didik. Kata-kata kunci : pelatihan plyometric, daya ledak otot tungkai, jarak lompatan start renang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pelatihan plyometric, daya ledak otot tungkai, jarak lompatan start renang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2)
Depositing User: Suratno
Date Deposited: 26 Jul 2021 12:20
Last Modified: 26 Jul 2021 12:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7636

Actions (login required)

View Item View Item