PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN SABLON DI SMK N 1 SUKASADA

Harta, Gede Whidi (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN SABLON DI SMK N 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1615051051-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1615051051-ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051051-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (335kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615051051-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (904kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615051051-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051051-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051051-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051051-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1615051051-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan dan mengimplementasikan pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada mata pelajaran sablon kelas XI di SMK N 1 Sukasada. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas XI dan guru mata pelajaran sablon di SMK N 1 Sukasada. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner/angket dan wawancara. Teknik analisis yang dilakukan yaitu analisis kevalidan media pembelajaran dan teknik analisis respon guru serta peserta didik. Hasil penelitian untuk uji validitas didapat dari hasil perhitungan valiadasi dari uji ahli mendapatkan skor sebesar 1,00 dengan kriteria tingkat validitas sangat tinggi. Dan hasil rata-rata respon guru dan peserta didik untuk mendapatkan nilai kepraktisan media pembelajaran berbasis augmented reality sebesar 41,00 dan 60,41 dengan kriteria sangat praktis. Dan hasil rata-rata respon usability untuk mendapatkan nilai kepraktisan media pembelajaran berbasis augmented reality sebesar 41,29 dengan kriteria sangat praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Sablon, Augmented Reality
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: GEDE WHIDI HARTA
Date Deposited: 27 Jul 2021 05:51
Last Modified: 27 Jul 2021 05:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7866

Actions (login required)

View Item View Item