Cahyani, Ni Ketut Cendy (2021) Developing APK-Based English Learning Materials to Promote Collaboration Skill for Primary School Students. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021201-COVER.pdf Download (540kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021201-ABSTRAK.pdf Download (131kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021201-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021201-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021201-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021201-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021201-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (276kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021201-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi pembelajaran bahasa Inggris berbasis APK untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Desain dan Pengembangan (D&D) yang dikemukakan oleh Richey dan Klien (2007) dengan mengaplikasikan empat tahapan yaitu, Analisis, Desain, Pengembangan, dan Evaluasi. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Inggris dan siswa kelas enam SD Lab Undiksha, Singaraja. Penelitian ini menggunakan tiga instrumen yaitu kuesioner, pedoman wawancara, dan daftar periksa silabus. Produk dievaluasi dengan menggunakan lembar penilaian ahli. Aplikasi Cerita Rakyat Digital sebagai produk dikembangkan dalam bentuk file APK (Android Package Kit) menggunakan Microsoft Office PowerPoint, iSpring, dan APK Builder Pro. Aplikasi ini menyediakan materi teks naratif, enam cerita rakyat Indonesia, dan enam kegiatan pembelajaran lanjutan. Produk diuji dan dievaluasi oleh pakar teknologi dan pakar pembelajaran EFL. Aplikasi Digital Folktales memiliki kualitas yang sangat baik sebagai bahan pembelajaran bahasa Inggris berbasis android. Dengan demikian, aplikasi ini bermanfaat bagi siswa dan guru sebagai media untuk belajar bahasa Inggris dan mengembangkan keterampilan kolaborasi siswa. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan aplikasi Digital Folktales untuk mengembangkan keterampilan kolaborasi siswa sekolah dasar sangat disarankan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aplikasi pembelajaran ponsel cerdas, cerita rakyat, keterampilan kolaborasi, pelajar muda |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Cendy Cahyani |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 09:00 |
Last Modified: | 29 Sep 2021 09:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8282 |
Actions (login required)
View Item |