PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATA PELAJARAN TITI LARAS DAN VOKAL DASAR DI SMK NEGERI 1 SUKASADA

Herayani, Ni Kadek (2021) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATA PELAJARAN TITI LARAS DAN VOKAL DASAR DI SMK NEGERI 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715051010-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715051010-ABSTRAK.pdf

Download (65kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (220kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051010-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Titi Laras dan Vokal Dasar merupakan pembelajaran yang berkaitan dengan penotasian dalam karawitan, dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional dan masih kurangnya sumber belajar dalam menunjang pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan peserta didik kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, kurangnya keterampilan yang dimiliki oleh peserta didik sehingga menyebabkan materi pembelajaran kurang dikuasai, selain itu peserta didik juga mengharapkan adanya variasi belajar seperti menggunakan audio/video, gambar dan animasi. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengimplementasikan dan mendeskripsikan respons guru dan peserta didik terhadap pengembangan konten pembelajaran interaktif berbasis Experiential Learning pada mata pelajaran Titi Laras dan Vokal Dasar di SMK Negeri 1 Sukasada. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan model penelitian dan pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas X Seni Karawitan dan satu orang guru pengajar mata pelajaran Titi Laras dan Vokal Dasar di SMK Negeri 1 Sukasada. Dalam penelitian ini, pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi ahli, angket uji coba perorangan, kelompok kecil, lapangan, angket uji respons guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan dan implementasi konten pembelajaran interaktif berbasis experiential learning pada mata pelajaran Titi Laras dan Vokal Dasar berhasil diterapkan berdasarkan hasil uji validasi dari ahli isi, ahli desain dan media pembelajaran dengan nilai rata-rata sebesar 1,00 dengan kriteria Sangat Valid, 2) Hasil uji efektivitas konten pembelajaran interaktif dengan pemberian pre-test dan post-test memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,75 dengan interpretasi efektif, 3) Hasil dari perhitungan respons guru mendapatkan skor rata-rata sebesar 43 dan skor rata-rata peserta didik sebesar 65.7, kedua perhitungan tersebut termasuk dalam kategori Sangat Praktis. Kata Kunci: Konten Pembelajaran Interaktif, Titi Laras dan Vokal Dasar, Experiential Learning, ADDIE.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konten Pembelajaran Interaktif, Titi Laras dan Vokal Dasar, Experiential Learning, ADDIE.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Ni Kadek Herayani
Date Deposited: 14 Oct 2021 05:58
Last Modified: 14 Oct 2021 05:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8401

Actions (login required)

View Item View Item