PENGEMBANGAN APLIKASI “KODI” PADA TOPIK CUACA DAN IKLIM DI INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR

Christy, Ferico Rezatatya (2021) PENGEMBANGAN APLIKASI “KODI” PADA TOPIK CUACA DAN IKLIM DI INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031140-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031140-ABSTRAK.pdf

Download (458kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031140-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (588kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031140-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031140-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031140-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031140-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031140-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (684kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031140-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi KODI pada topik cuaca dan iklim di Indonesia kelas V Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE, yang terdiri atas lima fase, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah aplikasi KODI pada topik cuaca dan iklim di Indonesia kelas V SD. Objek penelitian ini adalah kelayakan isi aplikasi KODI pada topik cuaca dan iklim di Indonesia kelas V SD ditinjau dari validasi isi, respon praktisi dan respon siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, kuesioner/angket, studi dokumen, wawancara, dan rating scale. Metode observasi dan wawancara dilakukan analisis kebutuhan. Metode kuesioner dilakukan untuk analisis kebutuhan untuk memeroleh respon praktisi dan siswa terhadap media yang dikembangkan. Studi dokumen dilakukan untuk analisis kebutuhan. Metode rating scale digunakan untuk mengetahui validitas isi media yang dikembangkan. Data validasi isi yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus Indeks validasi Aiken untuk mengetahui rata-rata validasi aplikasi KODI. Hasil penilaian validasi isi diperoleh dari perhitungan indeks validasi Aiken adalah 0,75-1 dengan kategori validasi sedang hingga tinggi. Berdasarkan perhitungan persentase, aplikasi KODI mendapat persentase respon dari guru yaitu 90,4%, dengan kualifikasi kategori sangat baik. Berdasarkan perhitungan persentase, aplikasi KODI mendapat persentase respon dari siswa yaitu 96%, dengan kualifikasi kategori sangat baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: aplikasi KODI, cuaca dan iklim di Indonesia, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ferico Rezatatya Christy
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:44
Last Modified: 18 Oct 2021 02:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8651

Actions (login required)

View Item View Item