PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS TIGA LEVEL REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI TITRASI ASAM BASA

Astini, Ni Putu (2021) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS TIGA LEVEL REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI TITRASI ASAM BASA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713031004-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713031004-ABSTRAK.pdf

Download (218kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713031004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (239kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713031004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713031004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713031004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713031004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713031004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713031004-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, validitas, serta keterbacaan buku ajar berbasis tiga level representasi kimia pada materi titrasi asam basa yang dihasilkan. Penelitian ini tergolong penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model Borg dan Gall yang telah disesuaikan. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah (1) analisis kebutuhan, (2) perencanaan, dan (3) pengembangan produk awal yang meliputi pengembangan produk, uji validasi, revisi, dan uji keterbacaan produk. Karakteristik buku ajar yang dikembangkan adalah materi diuraikan dengan menggunakan ketiga level representasi kimia, terdiri atas level makroskopis, submikroskopis, dan simbolik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria validitas isi, bahasa, dan media. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa rata-rata persentase aspek kesesuaian isi, bahasa, dan media berturut-turut sebesar 92,70%; 96,15%, dan 96,42% dengan kategori sangat baik. Tanggapan siswa pada aspek keterbacaan sebesar 60,76% menyatakan jelas dan 39,24% menyatakan sangat jelas. Berdasarkan hal tersebut, produk yang dihasilkan dari penelitian ini tergolong valid dan layak dari sisi keterbacaan untuk digunakan sebagai alternatif sumber belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: buku ajar, tiga level representasi kimia, titrasi asam basa
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Kimia (S1)
Depositing User: Ni Putu Astini
Date Deposited: 20 Oct 2021 00:37
Last Modified: 20 Oct 2021 00:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8783

Actions (login required)

View Item View Item