Yudi Antara, Putu (2021) Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1923011002-COVER.pdf Download (243kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1923011002-ABSTRAK.pdf Download (47kB) |
|
Text (BAB I PENDAHALUAN)
1923011002-BAB 1 PENDAHALUAN.pdf Download (143kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923011002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923011002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923011002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1923011002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923011002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (382kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1923011002-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi pecahan, karena materi pecahan merupakan materi yang dianggap sulit bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif terhadap kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pecahan. Penelitian dilakukan pada kelas VIII SMP Pelangi Dharma Nusantara tahun ajaran 2020/2021 dengan melibatkan 15 siswa sebagai subjek penelitian. Subjek penelitian tersebut dipilih dengan menggunakan pertimbangan yaitu 27% kelompok atas dan 27% kelompok bawah yang didapatkan masing-masing 5 peserta didik untuk tiap kelompoknya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes diagnostik, dokumentasi, dan wawancara. Metode analsisi kesalahan menggunakan pendekatan Watson-Newman. Setelah dilakukan analisis kesalahan maka dilakukan wawancara untuk mendeskripsikan penyebab siswa melakukan kesalahan dan selanjutnya melakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah karakteristik kesalahan siswa dalam menyelesaiakan soal cerita pecahan adalah siswa tidak mampu membedakan antara pecahan biasa, campuran, desimal. Kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan ditinjau dari jenis-jenis kesalahan diantaranya 1) kesalahan memahami masalah sebesar 95%, 2) kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 88%, 3) data hilang sebesar 33%, 4) prosedur tidak tepat sebesar 25%, , 5) kesalahan pemakaian pecahan sebesar 10 %, 6) manipulasi tidak langsung sebesar 7%, 7) selain dari kategori tersebut yaitu tidak menjawab soal sebesar 2%, dan yang terakhir yaitu kesalahan membaca soal dan konflik level respon sebesar 0%. Faktor penyebab kesalahan siswa dalam penyelesaian soal cerita pecahan meliputi: kurang mampunya menerjemahkan soal cerita pecahan ke dalam kalimat matematika, kurang memahami konsep pembagian pecahan dan mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa, tidak paham operasi hitung pecahan yaitu penjumlahan desimal, tidak memiliki kemampuan membedakan jenis-jenis pecahan, dan tidak teliti, tergesa-gesa dalam mengerjakan soal. Solusi untuk mengatasi siswa menyelesaikan soal cerita pecahan ialah guru harus membuat rancangan pembelajaran yang menarik, interaktif dan selanjutnya membuat soal pecahan yang mengarahkan ke pemahaman konsep khususnya pecahan biasa, campuran dan desimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Materi Pecahan |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Putu Yudi Antara |
Date Deposited: | 20 Oct 2021 15:31 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 15:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8853 |
Actions (login required)
View Item |