Budiartawan, Nyoman Juli (2021) PENGEMBANGAN GAME CERITA RAKYAT BALI BERBASIS DESKTOP “CALON ARANG (THE DARKNESS OF DIRAH)”. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1615051033-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1615051033-ABSTRAK.pdf Download (437kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (366kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615051033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615051033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051033-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051033-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (133kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1615051033-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Game Cerita Rakyat Bali berbasis Desktop “Calon Arang (The Darkness of Dirah)” adalah sebuah game yang terinspirasi dari cerita rakyat bali yang berjudul Calon Arang. Dimana kisah ini menitik beratkan ke kisah perjuangan Mpu Baradah menyelamatkan negeri Daha dari teluh kejam Calon Arang. Pengembangan Game Cerita Rakyat Bali Berbasis Desktop “Calon Arang (The Darkness of Dirah)” bertujuan melestarikan cerita rakyat bali dengan perantara game 3D, meningkatkan ketertarikan masyarakat terhadap cerita rakyat dan mengenali respon masyarakat terhadap hasil akhir dari Game Cerita Rakyat Bali Berbasis Desktop “Calon Arang (The Darkness of Dirah)”. Pengembangan Game Cerita Rakyat Bali Berbasis Desktop “Calon Arang (The Darkness of Dirah)” menggunakan metode GDLC (Game Development Life Cycle), yang memiliki 6 langkah, antara lain ialah Initiation, Pre-Production, Productions, Alpa, Beta dan Realease. Dengan adanya Game Cerita Rakyat Bali Berbasis Desktop “Calon Arang (The Darkness of Dirah)”, diharapkan mampu membangkitkan rasa cinta masyarakat terhadap cerita rakyat bali yang mulai pudar oleh masuknya budaya luar. Beberapa Pengujian yang dilakukan dalam Pengembangan Game Cerita Rakyat Bali Berbasis Desktop “Calon Arang (The Darkness of Dirah)” yaitu, Pengujian Black Box dengan hasil 100%, pengujian Ahli isi dengan hasil 100%, pengujian ahli media mendapatkan hasil 100% dan pengujian respon pengguna mendapatkan hasil 90% sangat positif dan 10% positif. Dari hasil tersebut Game Cerita Rakyat Bali Berbasis Desktop “Calon Arang (The Darkness of Dirah)” dapat dinyatakan dalam kategori sangat baik. Kata Kunci: Cerita Rakyat, Calon Arang, Game.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cerita Rakyat, Calon Arang, Game. |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Nyoman Juli Budiartawan |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 00:23 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 00:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8904 |
Actions (login required)
View Item |