PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERGENRE VISUAL NOVEL BERSTRATEGI BLENDED LEARNING MATA PELAJARAN AGAMA HINDU MATERI ASTA BRATA

Sadewa, Made Yuda (2021) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERGENRE VISUAL NOVEL BERSTRATEGI BLENDED LEARNING MATA PELAJARAN AGAMA HINDU MATERI ASTA BRATA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715051071-COVER.pdf

Download (12MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715051071-ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051071-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051071-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051071-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051071-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051071-BAB 5 PENTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051071-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051071-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran yang hanya memberikan materi dan penugasan menyebabkan pembelajaran tidak efektif dan peserta didik merasa bosan seperti yang dialami peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Rendang pada mata pelajaran Agama Hindu materi Asta Brata. Penanganan yang dapat dilakukan untuk permasalahan tersebut yaitu dengan mengembangkan konten pembelajaran menggunakan visual novel dengan strategi blended learning. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Hasil uji ahli isi sebesar 1,00 serta uji ahli media dan desain pembelajaran sebesar 1,00. Uji perorangan, kelompok kecil, dan lapangan dilakukan oleh peserta didik kelas VIII dengan kualifikasi sangat baik dan tanpa revisi. Rerata respon peserta didik sebesar 94,5% sedangkan rerata respon pendidik sebesar 92% menunjukkan bahwa pesreta didik dan pendidik memiliki respon yang sangat baik terhadap konten pembelajaran interaktif. Hasil uji efektifitas sebesar 96% atau berada pada kriteria “efektif” yang berarti konten pembelajaran interaktif dapat secara signifikan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: konten pembelajaran interaktif, visual novel, asta brata, blended learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: konten pembelajaran interaktif, visual novel, asta brata, blended learning
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: MADE YUDA SADEWA
Date Deposited: 21 Oct 2021 00:30
Last Modified: 21 Oct 2021 00:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8907

Actions (login required)

View Item View Item