Wedantara, I Putu Wahyu (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Program Linear Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713011016-COVER.pdf Download (330kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713011016-ABSTRAK.pdf Download (112kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (107kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PENELITIAN)
1713011016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011016-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011016-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713011016-LAMPIRAN.pdf Download (798kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian tentang pengembangan video pembelajaran interaktif adalah: 1) mendeksripksikan rancangan pengembangan video pembelajaran interaktif materi program linear, 2) mendeskripsikan tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan video pembelajaran interaktif materi program linear, 3) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah penerapan video pembelajaran interaktif . Pengembangan video pembelajaran interaktif ini dilaksanakan dengan metode 4D. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Negara dengan banyak subjek uji coba 58 siswa. Hasil penelitian pengembangan ini adalah kategori kevalidan materi sangat tinggi dengan skor 4,65 dan kategori kevalidan media sangat tinggi dengan skor 4,56 sehingga didapatkan kesimpulan video pembelajaran interaktif valid dan dapat diterapkan pada penelitian. Kepraktisan mendapatkan kategori sangat tinggi dilihat dari skor angket respon guru serta siswa yaitu 4,65 dan 4,24. Tingkat keefektifan video pembelajaran interaktif mendapatkan persentase ketuntasan siswa adalah 76% dalam kategori baik sehingga disimpulkan video pembelajaran interaktif efektif untuk diterapkan. Mencari besaran peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan uji-t sampel berpasangan satu arah dan didapatkan nilai sig 0,00 sehingga didapatkan kesimpulan terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah penerapan video pembelajaran interaktif sebesar 8,69. Didapatkan hasil akhir dari penelitian video pembelajaran interaktif yang valid, efektif, efisien, dan mendapatkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 8,69 setelah video pembelajaran interaktif diterapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video pembelajaran interaktif, program linear, kemampuan pemecahan masalah matematis |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | I Putu Wahyu Wedantara |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 01:19 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 01:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8956 |
Actions (login required)
View Item |