Aditya, Kadek Teguh Yogi (2019) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI TEMATIK AKSARA DAN BAHASA BALI PADA LONTAR BERBASIS MOBILE. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
151505120-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1515051020-ABSTRAK.pdf Download (95kB) |
|
Text (BAB 1 PENDUHULAN)
1515051020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (108kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1515051020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1515051020-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1515051020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1515051020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1515051020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (25kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1515051020-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Lontar menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari budaya dan kehidupan masyarakat Asia Tenggara. Contohnya, keberadaan koleksi lontar di Bali, Indonesia juga sudah dikenal sejak dulu. Namun seiring berjalannya waktu, koleksi warisan penting tersebut sepertinya dilupakan. Seolah tidak ada yang tertarik dan membutuhkan lontar – lontar tersebut. Untuk itu dikembangkanlah sebuah Game yang memuat tentang Edukasi Lontar. Game edukasi adalah permainan yang digunakan dalam proses pembelajaran dan dalam permainan tersebut mengandung unsur mendidik atau nilai-nilai pendidikan. Tematik dalam pembelajaran yaitu suatu proses pembelajaran yang bersangkutan atau berkaitan dengan tema. Game yang dikembangkan dapat membantu pemain untuk lebih memahami Aksara pada Lontar dan juga membantu melestarikan Budaya Lontar itu sendiri. Pengembangan Game menggunakan Metode SDLC dengan model Waterfall. Terdapat 4 pengujian yang dilakukan yakni uji blackbox, whitebox, ahli media dan uji respon pengguna. Penelitian ini berhasil mengembangkan Game Edukasi setelah melewati uji blackbox dan uji whitebox. Uji ahli media menunjukkan hasil yang baik dengan persentase sebesar 83%. Uji respon pengguna yang dilakukan terhadap Game Edukasi Tematik Aksara dan Bahasa Bali pada Lontar berbasis Mobile masuk dalam rentangan sangat baik dengan persentase 87%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, SDLC, Aksara Lontar, Unity, Mobile |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Kadek Teguh Yogi Aditya |
Date Deposited: | 28 Oct 2019 07:45 |
Last Modified: | 28 Oct 2019 07:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/906 |
Actions (login required)
View Item |