GAME EDUCATION MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PAKET AGUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Dwi Guna, I Made (2019) GAME EDUCATION MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PAKET AGUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1511021026-COVER.pdf

Download (501kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1511021026-ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1511021026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (251kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1511021026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1511021026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (797kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511020126-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1511021026-BAB 5 PENUNTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511021026-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1511021026-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun game education mata pelajaran matematika (2) mendeskripsikan kualitas hasil validitas pengembangan game education mata pelajaran matematika menurut para ahli dan uji coba produk, (3) mengetahui efektivitas game education mata pelajaran matematika. Subjek penelitian yaitu: 1 ahli mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji coba perorangan, 12 siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 29 siswa untuk uji coba lapangan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan hannafin and peck. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, pencatatan dokumen, kuesioner/angket, dan tes objektif tipe pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian (1) Rancang bangun game education mata pelajaran matematika dengan menggunakan model pengembangan hannafin and Peck yang meliputi tahapan: (a) tahap analisis, (b) tahap desain, dan (c) tahap pengembangan dan implementasi. (2) Game education mata pelajaran matematika dikatakan valid dengan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukan game education sangat baik dengan persentase (95,50%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukan game education sangat baik dengan persentase (90,00%), (c) hasil review ahli media menunjukkan game education sangat baik dengan persentase (93,00%), (d) hasil uji perorangan menunjukan game education sangat baik dengan persentase (93,33%), (e) hasil uji kelompok kecil menunjukan game education sangat baik dengan persentase (93,15%), (f) hasil uji lapangan menunjukan game education sangat baik dengan persentase (94,41%). (3) Game education yang dikembangkan terbukti efektif secara signifikan dapat meningkatan hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: game education, hannafin and peck, matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: I Made Dwi Guna
Date Deposited: 29 Oct 2019 05:40
Last Modified: 29 Oct 2019 05:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/912

Actions (login required)

View Item View Item