Victor, David Andreas (2021) PENGEMBANGAN FILM ANIMASI 2 DIMENSI PERANG BANJAR TAHUN 1868. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1715051108-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1715051108-ABSTRAK.pdf Download (147kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051108-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (347kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051108-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (640kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051108-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051108-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051108-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051108-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (247kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1715051108-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan film animasi 2 dimensi perang banjar tahun 1868, untuk mengimplementasikan film animasi 2 dimensi perang banjar tahun 1868, dan untuk mendeskripsikan respons penonton terhadap pengembangan film animasi 2 dimensi perang banjar tahun 1868 agar mendapatkan informasi tambahan, melalui animasi 2 dimensi Perang Banjar ini diharapkan mampu menyampaikan informasi yang ingin disampaikan oleh peneliti. Berdasarkan survey masyarakat dengan membuatkan sebuah angket mengenai Perang Banjar, sebanyak 83% masyarakat yang merespons tidak mengetahui sejarah desa Banjar dan sebanyak 92.5% bahkan tidak mengetahui mengenai peristiwa Perang Banjar yang terjadi tahun 1868. Penelitian ini menggunakan model MDLC (Multimedia Development Life Cycle) MDLC memiliki 6 tahapan diantaranya adalah tahap concept (pengonsepan), tahapan design (perancangan), tahapan material collecting (pengumpulan bahan), tahapan assembly (pembuatan), tahapan testing (pengujian) dan terakhir tahapan distribution (pendistribusian). Hasil pengujian dilakukan pada film animasi ini diantaranya dari pengujian ahli isi yang mendapatkan hasil 1,0, pengujian ahli media mendapatkan hasil 1,0, dan pengujian respons pengguna mendapatkan hasil 43,7 yang berarti sangat positif. Dalam tahap implementasi, peneliti sudah melakukan wawancara, pembuatan, serta bimbingan ke narasumber dan dosen pembimbing. Sebelum dipublikasikan film ini sudah diuji oleh dua orang ahli isi dan dua orang uji ahli media menggunakan instrument angket dan memperoleh persentase 100%. Berdasarkan hasil pengujian respons pengguna Film Animasi 2 Dimensi Perang Banjar Tahun 1868 yang melibatkan 52 responden, didapatkan hasil rata – rata (x) responden sebesar 43,7 dengan kategori sangat baik. Dengan hasil responden yang didapat dari Film Animasi 2 Dimensi Perang Banjar Tahun 1868 dapat dikategorikan sangat baik. Jadi informasi yang terdapat pada Film Animasi 2 Dimensi Perang Banjar Tahun 1868 sudah tersampaikan dengan sangat baik. Kata Kunci: Animasi 2 Dimensi, Perang Banjar, MDLC.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Animasi 2 Dimensi, Perang Banjar, MDLC. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | David Andreas Victor |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 06:28 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 06:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9189 |
Actions (login required)
View Item |