Saputra, I Komang Yoga (2021) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN PELAYANAN FARMASI MATERI SEDIAAN OBAT BENTUK SUPPOSITORIA UNTUK KELAS XI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (Cover)
1715051057-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (Abstrak)
1715051057-ABSTRAK.pdf Download (255kB) |
|
Text (Bab 1. Pendahuluan)
1715051057-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (548kB) |
|
Text (Bab 2. Kajian Teori)
1715051057-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3. Metodelogi Penelitian)
1715051057-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4. Hasil dan Pembahasan)
1715051057-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5. Penutup)
1715051057-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
1715051057-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (511kB) |
|
Text (Lampiran)
1715051057-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan konten pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada mata pelajaran pelayanan farmasi materi sediaan obat bentuk Suppositoria untuk kelas xi, serta mengetahui respon guru dan siswa terhadap pengembangan konten pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada mata pelajaran pelayanan farmasi ini. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan, menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilaksanakan di kelas XI Farmasi SMK Negeri 4 Negara pada 28 siswa dan seorang guru pengajar mata pelajaran Pelayanan Farmasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui instrumen validasi antara lain, angket uji perorangan, kelompok kecil dan lapangan serta angket respons guru dan siswa. Hasil penelitian untuk uji kevalidan konten pembelajaran interaktif berasal dari hasil perhitungan validasi ahli yakni ahli isi, ahli desain dan media pembelajaran dan memperoleh nilai rata-rata 1,00 yang termasuk dalam kriteria sangat valid. Untuk hasil uji keefektifan menggunakan rumus N-Gain yang memperoleh nilai sebesar 0,95 yang termasuk dalam kriteria efektif. Untuk hasil rata-rata respons guru dan siswa untuk mendapatkan kepraktisan konten pembelajaran interaktif sebesar 41 dan 62,79 yang termasuk dalam kriteria sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah konten pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada mata pelajaran pelayanan farmasi telah memenuhi kriteria kualitas suatu produk yakni kevalidan (sangat valid), keefektifan (efektif), dan kepraktisan (sangat praktis).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Articulate Storyline, Pelayanan Farmasi, Discovery Learning, Suppositoria, Konten Pembelajaran Interaktif |
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > RS Pharmacy and materia medica T Technology > TR Photography |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | I KOMANG YOGA SAPUTRA |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 23:26 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 23:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9232 |
Actions (login required)
View Item |