Saputra, Komang Adhi Indrawan (2022) PENGARUH VARIASI SUDUT DERAJAT PRIMARY PULLEY SEPEDA MOTOR CONTINUOUS VARIABLE TRANSMISSION TERHADAP TORSI DAN DAYA MESIN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1715071029-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1715071029-ABSTRAK.pdf Download (127kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715071029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715071029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (682kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715071029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715071029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1715071029-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715071029-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
715071029-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh performansi kendaraan berupa torsi dan daya menggunakan variasi sudut derajat 14º, 13,25º, dan 13º. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Metode eksperimen adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui akibat yang ditimbulkan dari suatu perlakuan yang diberikan secara sengaja oleh peneliti. Dalam penelitian ini menggunakan uji analisis anova satu jalur dengan menganalisa data torsi dan daya pada sepeda motor menggunakan sudut derajat primary pulley dengan variasi 14º, 13,25º, dan 13º. Pengambilan data menggunakan alat dynotest dengan lima kali pengulangan pengambilan data. Pengujian dilakukan pada putaran mesin dari 3000 rpm sampai 4500 rpm. Setelah dilakukannya pengujian didapatkan data bahwa adanya pengaruh variasi sudut derajat primary pulley terhadap nilai torsi dan daya pada sepeda motor. Jika dibandingkan dengan unit standar atau sudut derajat primary pulley 14°, rata-rata peningkatan nilai torsi yaitu 12,112 atau sebesar 1,35% pada sudut derajat variasi 13,25° dan rata-rata peningkatan nilai daya yaitu 5,96 Hp atau sebesar 1,02%. Sedangkan pada sudut derajat variasi 13° jika dibandingkan dengan sudut derajat primary pulley 14° rata-rata peningkatan nilai torsi yaitu 12,94 atau sebesar 8,28% dan rata-rata peningkatan nilai daya yaitu 6,38 Hp atau sebesar 8,13%. Semakin kecil derajat primary pulley membuat nilai torsi dan daya pada sepeda motor continuous variable transmission semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Primary Pulley, Torsi, dan Daya. |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | KOMANG ADHI INDRAWAN SAPUTRA |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 07:02 |
Last Modified: | 04 Jan 2022 07:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9415 |
Actions (login required)
View Item |