The Implementation of Multisensory Approach for Dyslexic Students at BALI DYSLEXIA FOUNDATION (BDF)

Sumartini, Putu (2022) The Implementation of Multisensory Approach for Dyslexic Students at BALI DYSLEXIA FOUNDATION (BDF). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021226-COVER.pdf

Download (570kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021226-ABSTRAK.pdf

Download (273kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021226-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (292kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021226-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021226-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021226-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021226-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021226-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021226-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mengajar siswa dyslexia tidak mudah. Guru harus mempersiapakan materi, kegiatan pembelajaran, dan strategi mengajar yang baik. Pendekatan multisensori adalah salah satu strategi mengajar yang digunakan guru untuk mengajar siswa dyslexia. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengimplementasian pendekatan multisensori sebagai strategi mengajar dan rintangan guru selama mengajar siswa dyslexia di Bali Dyslexia Foundation (BDF).Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif desain. Subjek penelitian ini adalah seorang guru bahasa inggris dari Bali Dyslexia Foundation (BDF). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru bahasa inggris menerapkan pendekatan mutisensori yang terdiri dari visual, auditory, kinesthetic, tactile sensory di setiap kegiatan belajar sebagai strategi mengajar. Selain itu, rintangan guru selama mengajar siswa dyslexia adalah guru harus menggunakan lebih dari satu strategi mengajar dalam satu kali pertemuan, mempunyai rencana mengajar yang baik untuk melibatka nsiswa dyslexia dalam belajar, membutuhkan asisten guru untuk mengatur siswa dyslexia, dan mampu merubah kebiasaan belajar siswa dyslexia yang buruk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: multisensory approach, dyslexia students, Bali Dyslexia Foundation (BDF)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Luh Putu Sumartini
Date Deposited: 03 Feb 2022 06:58
Last Modified: 03 Feb 2022 06:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9531

Actions (login required)

View Item View Item