Loviyani, Ni Putu Ayu Niya (2022) IMPLEMENTING TIC-TAC-TOE GAME IN TEACHING ENGLISH VOCABULARY FOR FIFTH-GRADE STUDENTS OF SD DANA PUNIA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812021194-COVER.pdf Download (760kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812021194-ABSTRAK.pdf Download (189kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1812021194-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (255kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1812021194-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1812021194-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021194-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1812021194-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021194-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812021194-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguasaan kosakata siswa dan respon siswa setelah terpapar permainan Tic Tac Toe sebagai media pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Dana Punia Singaraja tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 17 siswa. Penelitian ini menggunakan metode embedded mixed dalam one group pre-test post-test design. Lembar observasi, angket, dan tes kosakata digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Peneliti mengambil data yang akurat selama enam pertemuan pelaksanaan kemudian menganalisisnya menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Penguasaan kosakata meningkat dari 65,00 menjadi 79,12 dalam nilai rata-rata, yang berarti ada peningkatan pada kinerja siswa. Selain itu, hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa nilai siswa berdistribusi normal dan homogen. Uji-t sampel berpasangan digunakan untuk menguji hipotesis yang menunjukkan bahwa hipotesis nol ditolak (sig. 0,000<0,05). Selain itu, efek Cohens menunjukkan bahwa permainan ini memberikan pengaruh yang besar terhadap penguasaan kosakata siswa (0.8). Dari hasil angket dan lembar observasi, siswa memberikan respon positif terhadap penerapan Tic Tac Toe. Selanjutnya, terdapat pengaruh yang signifikan dan kuat terhadap penguasaan kosakata siswa dengan menggunakan permainan Tic Tac Toe. Dengan demikian, permainan Tic Tac Toe dapat membantu penguasaan kosakata, motivasi, dan keterampilan komunikasi siswa dalam belajar bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajar Muda, Pembelajaran berbasis game, Penguasaan Kosakata, Tic Tac Toe |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Ayu Niya Loviyani |
Date Deposited: | 21 Feb 2022 00:57 |
Last Modified: | 21 Feb 2022 00:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9745 |
Actions (login required)
View Item |