ASSESSMENT INSTRUMENTS FOR ENGLISH LITERACY IN BLENDED LEARNING FOR GRADE 8 IN SECOND SEMESTER

Arsini, Ni Nyoman (2022) ASSESSMENT INSTRUMENTS FOR ENGLISH LITERACY IN BLENDED LEARNING FOR GRADE 8 IN SECOND SEMESTER. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029081024-COVER.pdf

Download (788kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029081024-ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029081024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (370kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029081024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029081024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029081024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029081024-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029081024-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029081024-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan pada abad ke 21 mengharuskan siswa untuk memiliki pengetahuan yang lebih luas, tidak terkecuali pada bidang Bahasa inggris. Sehingga guru harus mampu mempersiapkan siswa untuk mengasah kemampuan mereka pada 4 keahlian seperti mendengarkan, membaca, menulis, dan juga berbicara. Hal tersebut erat kaitannya dengan literasi yang saat ini harus menjadi bagian dari pembelajaran. Tidak hanya itu, guru juga harus mampu menggunakan instrument penilaian yang mencangkup 4 keahlian siswa dalam literasi khususnya literasi Bahasa Inggris. Sejalan dengan itu, pembelajaran saat ini dilakukan dengan system online karena adanya COVID-19. Kemudian masalah yang ditemukan saat ini adalah belum ada instrument penilaian yang sesuai untuk dapat digunakan oleh guru untuk menilai literasi Bahasa inggris siswa baik online, offline atau blended. Sehingga, penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) menganalisis jenis kebutuhan yang diperlukan untuk menilai literasi Bahasa inggris pada kelas 8 semester kedua, (2) mengembangkan instrument penilaian literasi Bahasa inggris kelas 8 semester kedua, (3) menentukan kualitas produk da nisi dari instrument penilaian yang dikembangkan untul menilai literasi Bahasa inggris kelas 8 semester kedua. Penelitian ini mengadopsi desain penelitian dan pengembangan dan 4D model yang mencangkup Define, Design, Develop, dan Disseminate oleh Thiagarajan. Selain itu, metode pengumpulan data menggunakan survei, wawancara, observasi, analisis dokumen, kuisioner, lembar observasi serta pedoman wawancara. Meskipun penelitian ini mengadopsi 4D model, penelitian hanya dibatasi pada Develop stage yang menjadi bagian dari proposal besar pada tahun pertama. Hasil penelitian ini menemukan kebutuhan pada pengembangan instrument literasi Bahasa inggris seperti target needs which include the necessities of assessment, including assessment of learning, as learning, and for learning, wants and lacks. Terlebih lagi, instrument penilaian yang diperlukan bersifat otentik sehingga membantu siswa untuk lebih memahami. Disamping itu, siswa juga dapat mengintegrasikan teknologi pada instrumen penilaian ini. Hasil dari pengembangan instrument ini dapat digunakan baik online ataupun offline. Kemudian pada analisis uji kualitas isi dan produk mendapatkan hasil layak untuk digunakan untuk siswa kelas 8 semester kedua dengan persentase 98% dan 96%. Oleh karena itu, guru bahasa Inggris dapat menggunakan penelitian ini sebagai sarana untuk mengembangkan instrumen penilaian campuran. Apalagi dengan memperhatikan penilaian pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan penilaian sebagai pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Kata-kata kunci: instrumen asesmen, pemelajaran campuran, literasi Bahasa Inggris

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: instrumen asesmen, pemelajaran campuran, literasi Bahasa Inggris
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Ni Nyoman Arsini
Date Deposited: 18 Feb 2022 08:37
Last Modified: 18 Feb 2022 08:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9981

Actions (login required)

View Item View Item