TRANSITIVITY ANALYSIS OF EFL STUDENTS’ NARRATIVE TEXTS IN VOCATIONAL HIGH SCHOOL

AGUSTINA, MARIA (2022) TRANSITIVITY ANALYSIS OF EFL STUDENTS’ NARRATIVE TEXTS IN VOCATIONAL HIGH SCHOOL. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929081036-COVER.pdf

Download (815kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929081036-ABSTRAK.pdf

Download (197kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929081036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (301kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929081036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929081036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929081036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929081036-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929081036-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929081036-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: a) mengidentifikasi jenis proses dan hasil yang mencirikan teks Narasi siswa; b) menentukan jenis proses yang dominan digunakan; c) mengidentifikasi unsur-unsur tidak langsung yang menjadi ciri khas teks Narasi siswa. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif deskriptif. Teks Narrative yang ditulis oleh kelas Tata Boga di SMKN 4 Denpasar digunakan sebagai sumber pengumpulan data penelitian. Ada 28 siswa terpilih untuk menjadi subyek penelitian pada penelitian ini. Data penelitian, yang disajikan dalam kalimat dan klausa, dianalisis menggunakan sistem transitivitas. Studi ini menemukan bahwa, pertama, jenis proses yang mencirikan teks Narasi siswa adalah proses material 338 kali (51,68), proses perilaku 139 kali (21,25%), proses atributif intensif 55 kali (8,41%), proses verbal 46 kali (7,03%), proses mental 38 kali (5,81%), proses eksistensial 20 kali (3,06%), proses atributif posesif 11 kali (1,68%), proses atributif sirkumstan 3 kali (0,46%), proses identifikasi intensif 2 kali (0,31%), proses identifikasi posesif 2 kali (0,31%). Kedua, jenis proses yang dominan digunakan dalam teks Narasi siswa adalah proses materi, perilaku, atribusi intensif, verbal, mental, dan eksistensial. Proses material adalah proses yang paling dominan digunakan karena topik yang ditulis oleh siswa terkait dengan kejadian di masa lalu. Ketiga, unsur-unsur sirkumstan yang menjadi ciri teks Narrative siswa adalah tempat, waktu, sebab, cara, tingkat, penyerta, masalah, dan peran. Temuan dalam penelitian teks narasi siswa ini menunjukkan bahwa siswa harus menggunakan unsur linguistik dari teks narasi untuk memberikan informasi. Tujuan dari jenis teks dalam teks Narasi siswa adalah untuk mendorong pembaca membayangkan kata-kata dan pola kalimat yang digunakan dalam teks, itu dapat membantu meminimalkan kesalahpahaman tentang isi teks narasi. Kesimpulannya, saat membuat teks narasi, siswa harus menggunakan arti spesifik yang tepat, struktur generik, karakteristik linguistik, dan elemen bahasa untuk merangsang minat pembaca untuk memberikan informasi penting sambil juga menghibur mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: sistemik fungsional linguistik, analisis transitiviti, teks narrative, siswa bahasa inggris di sekolah menengah kejuruan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: MARIA AGUSTINA
Date Deposited: 20 Feb 2022 13:18
Last Modified: 20 Feb 2022 13:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10027

Actions (login required)

View Item View Item