PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN ANALITIK-SINTETIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS VIII

Novianingsih, Gusti Ayu (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN ANALITIK-SINTETIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS VIII. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1923011015-COVER.pdf

Download (278kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1923011015-ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923011015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (227kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923011015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923011015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923011015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1923011015-BAB 5 PENUTUP .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923011015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1923011015-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Novianingsih, Gusti Ayu (2021), Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Analitik-Sintetik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII. Tesis. Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. I Gusti Putu Suharta, M.Si dan Pembimbing II: Dr. I Wayan Puja Astawa, M.Stat.Sci. Kata Kunci : Modul, Pendekatan Analitik-Sintetik, Kemampuan Berpikir Kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika berbasis pendekatan analitik-sintetik yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain penelitian Plomp yang terdiri dari 3 fase, yaitu Preliminary Research, Prototyping, dan Assessment. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Denpasar tahun ajaran 2020/2021 yaitu kelas VIII-F sebagai kelas uji coba terbatas, kelas VIII-B sebagai kelas uji coba lapangan I dan kelas VIII-A sebagai kelas uji coba lapangan II. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu wawancara, tes dan angket. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi untuk mengukur validitas modul, lembar keterlaksanaan, angket respon guru dan siswa untuk mengukur kepraktisan modul, serta post-test kemampuan berpikir kritis untuk mengukur keefektifan modul. Hasil penelitian adalah berupa modul berbasis pendekatan analitik-sintetik berkualitas sangat valid, praktis, dan efektif. Karakteristik modul siswa yaitu: (1) menekankan pembelajaran pada kemampuan berpikir kritis matematika melalui aktivitas yang dilakukan oleh siswa pada modul siswa, (2) memuat latihan soal berupa permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa, (3) memuat kegiatan-kegiatan melengkapi kalimat, tabel dan latihan soal, (4) memberikan kesempatan untuk menuliskan dugaan jawaban dan kesimpulan dari kegiatan yang dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Modul, Pendekatan Analitik-Sintetik, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Gusti Ayu Novianingsih
Date Deposited: 18 Feb 2022 09:45
Last Modified: 18 Feb 2022 09:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10077

Actions (login required)

View Item View Item