PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SD KELAS V

Supriyani, Made Dian (2022) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SD KELAS V. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031187-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031187-ABSTRAK.pdf

Download (107kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031187-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031187-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031187-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031187-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031187-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031187-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031187-LAMPIRAN.pdf

Download (35MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi pembelajaran IPA yang teruji validitasnya untuk meningkatkan hasil belajar IPA SD kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE sebagai pedoman. Adapun tahap-tahap yang digunakan model ini yaitu: tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), tahap evaluasi (evaluation). Namun, karena situasi saat ini pandemi covid-19 tahapan implementasi dan evaluasi tidak dilaksanakan. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang ahli materi pelajaran IPA, 2 orang ahli media video pembelajaran, 2 orang praktisi dan 12 orang respon siswa. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen berupa rating scale 5 dengan lembar penilain validitas video animasi pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar IPA SD kelas V. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil uji validitas oleh ahli materi diperoleh persentase validitas video animasi pembelajaran IPA sebesar 4,63, berdasarkan uji validitas oleh ahli media diperoleh persentase validitas video animasi pembelajaran IPA sebesar 4,30, berdasarkan uji validitas oleh praktisi diperoleh persentase validitas video animasi pembelajaran IPA sebesar 4,8 dan berdasarkan uji validitas oleh respon siswa diperoleh persentase validitas video animasi pembelajaran IPA sebesar 4,52. Dari hasil analisis uji validitas yang dilaksanakan diketahui bahwa video animasi pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar IPA SD kelas V yang dikembangkan dapat dikualifikasikan “sangat tinggi”. Sehingga penelitian ini menghasilkan video animasi pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar IPA SD kelas V yang sudah teruji validitasnya layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video animasi pembelajaran, IPA, ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Made Dian Supriyani
Date Deposited: 20 Feb 2022 23:26
Last Modified: 20 Feb 2022 23:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10106

Actions (login required)

View Item View Item