THE DEVELOPMENT OF A MULTILINGUAL THEMATIC DIGITAL DICTIONARY FOR SIXTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS

Parmawati, Luh (2022) THE DEVELOPMENT OF A MULTILINGUAL THEMATIC DIGITAL DICTIONARY FOR SIXTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021178-COVER..pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021178-ABSTRAK..pdf

Download (218kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021178-BAB 1 PENDAHULUAN..pdf

Download (505kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021178-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021178-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021178-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021178-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021178-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (503kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021178-LAMPIRAN..pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini ialah mengembangkan kamus digital tematik multibahasa yang dapat membantu siswa sekolah dasar kelas enam meningkatkan kemampuan literasinya. Penelitian ini menerapkan metode Desain dan Pengembangan (D&D) oleh Richey and Klein (2007) serta terdiri dari empat tahapan yang disebut Analisis, Desain, Pengembangan, dan Evaluasi (ADDE). Adapun subjek penelitian yaitu siswa kelas enam sekolah dasar serta guru dari Sembilan sekolah dasar di Kabupaten Buleleng, Bali. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari empat, yaitu lembar observasi, pedoman wawancara, kuesioner, serta lembar penilaian ahli. Model analisis kebutuhan yaitu didapatkan dari adaptasi serta modifikasi model oleh Hutchinson and Waters (1987) yang berguna untuk memperoleh data terkait kebutuhan siswa serta guru dalam pengembangan kemampuan literasi. Produk didesain menggunakan teori dari Rozali (2015) dan melalui lima langkah pengembangan. Produk dinilai berdasarkan dua puluh tiga kriteria yang diadaptasi serta dimodifikasi dari Islam dan Purkayastha (2015); Setyawan (2016); Saptiani (2016); Asita dan Karim (2015); Pilihan (2019); dan Sharif (2012) serta Owen dan Lee (2004). Hasil dari penelitian ini ialah kamus digital tematik multibahasa yang mengandung 10 tema beserta daftar kata serta contoh kalimat dalam tiga bahasa (Bahasa Inggris-Bahasa Indonesia-Bahasa Bali), serta gambar dan suara. Hasil penilaian validitas konten yang dianalisis menggunakan Gregory Formula menunjukan validitas yang tinggi. Kemudian, hasil penilaian kualitas dianalisis melalui formula Nurkancana dan Sunartana (1992) yang menunjukan bahwa kamus digital tematik tiga bahasa dikategorikan sebagai media yang sangat baik. Kamus ini direkomendasikan untuk digunakan dalam proses pembelajaran oleh siswa maupun sebagai media mengajar oleh guru dalam upaya mengembangkan kemampuan literasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kamus digital tematik tiga bahasa, literasi, media pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Luh Parmawati
Date Deposited: 19 Feb 2022 10:10
Last Modified: 19 Feb 2022 10:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10139

Actions (login required)

View Item View Item