Analysis of Grammatical Errors Committed By Sixth Semester Students of English Language Education in Undiksha

Anggadudiadnyana, IMade (2022) Analysis of Grammatical Errors Committed By Sixth Semester Students of English Language Education in Undiksha. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021246-COVER.pdf

Download (986kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021246-ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021246-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (143kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021246-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021246-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021246-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021246-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021246-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021246-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Menulis untuk siswa Bahasa Inggris sebagai Bahasa Kedua (ESL atau TESL) merupakan keterampilan yang sangat menantang untuk dihadapi. Hal ini tidak hanya membutuhkan tidak hanya kosakata yang baik tetapi juga tata bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan jenis dan sumber kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa semester enam dalam menulis esai di ELE Undiksha. Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil penelitian menunjukkan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh semester enam dalam penulisan esainya meliputi penghilangan, penambahan, pemilihan, kesalahan pengurutan, pengaturan aturan, penggunaan archiform, dan penggunaan dua bentuk atau lebih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh mahasiswa semester enam adalah (omission) kelalaian. Dimana mahasiswa semester enam cenderung menghilangkan suatu unsur dari sebuah kalimat. Kesalahan kedua yang paling banyak dilakukan adalah (selection)pemilihan kata yang salah dan diikuti oleh (addition) kesalahan penambahan kata atau unsur dan (misordering) kesalahan pengurutan. Selanjutnya, kesalahan yang paling jarang dilakukan oleh mahasiswa semester enam adalah (regularizing rules) pengaturan aturan dan (using two or more form) penggunaan dua bentuk atau lebih secara bergantian secara acak. Sementara itu tidak ada kesalahan dalam esai mereka untuk jenis (double marking) kesalahan penandaan ganda dan (blends) campuran. Selanjutnya, ada dua sumber kesalahan yang dapat ditemukan dalam karangan siswa yaitu (interlingual transfer) transfer interlingual dan (intralingual transfer) transfer itralingual. Berdasarkan hasil temuan perlu bagi siswa untuk berlatih lebih banyak dan meminta profesional untuk meninjau tulisan. Selain itu, disarankan agar dosen memiliki keterlibatan yang luas selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan tata bahasa, Murid, Bahasa Inggris, Undiksha
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I Made Angga Dudi Adnyana
Date Deposited: 21 Feb 2022 12:25
Last Modified: 21 Feb 2022 12:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10163

Actions (login required)

View Item View Item