PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN ELEKTRONIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 PEKUTATAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Sulaksana, Gusti Kade Agus (2022) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN ELEKTRONIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 PEKUTATAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1511021030-COVER.pdf

Download (291kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1511021030-ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1511021030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (181kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1511021030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1511021030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511021030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1511021030-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511021030-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1511021030-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pengembangan pembelajaran elektronik (2) mengetahui validitas hasil pengembangan pembelajaran elektronik, (3) mengetahui efektivitas pembelajaran elektronik terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaran. Subjek penelitian 1 ahli isi mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, dan 27 siswa untuk uji coba (3 siswa untuk uji coba perorangan, 9 siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 27 siswa untuk uji coba lapangan). Metode pengumpulan data, yaitu pencatatan dokumen, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistic inferensial (uji-t). Hasil penelitian (1) Pengembangan pembelajaran elektronik dengan model pengembangan Hannafin and Peck meliputi tiga tahapan, yaitu (a) penilaian kebutuhan, (b) desain/perancangan, (c) pengembangan dan implementasi. (2) Pengembangan pembelajaran elektronik valid dengan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan pembelajaran elektronik berpredikat sangat baik (95,00%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan pembelajaran elektronik berpredikat sangat baik (92,72%), (c) hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan pembelajaran elektronik berpredikat sangat baik (91,11%), (d) hasil uji coba perorangan pembelajaran elektronik berpredikat sangat baik (92,98%), hasil uji coba kelompok kecil pembelajaran elektronik berpredikat sangat baik (91,46%), dan hasil uji coba lapangan pembelajaran elektronik berpredikat sangat baik (92,53%). 3) Pembelajaran elektronik yang dikembangan efektif meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaran. Disarankan agar mengembangkan pembelajaran elektronik sejenis secara mandiri, sebab dengan dikembangkannya pembelajaran elektronik sesuai dengan pelajaran yang di inginkan, maka akan dapat mengatasi permasalahan keterbatasan media, ruang dan waktu dalam pengelolaan proses pembelajaran. Kata-kata kunci : Elektronik, Pengembangan, Pendidikan Kewarganegaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Elektronik, Pengembangan, Pendidikan Kewarganegaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: GUSTI KADE AGUS SULAKSANA
Date Deposited: 22 Feb 2022 01:25
Last Modified: 22 Feb 2022 01:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10227

Actions (login required)

View Item View Item