Kusuma, Larassati Cahya (2020) The Identification of Values of Character Education in the Characterizations of Merida in Disney’s Brave (2012) Using Peirce’s Semiotics. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1512021130-COVER.pdf Download (690kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1512021130-ABSTRAK.pdf Download (156kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512021130-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (182kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512021130-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1512021130-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512021130-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1512021130-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512021130-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1512021130-LAMPIRAN.pdf Download (492kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi representasi nilai-nilai pendidikan karakter yang diusulkan oleh Kementrian Pendidikan Nasional (2010) dalam karakterisasi Merida dalam film Brave (2012) milik Disney dengan menggunakan analisis tekstual dan semiotika Peirce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakterisasi Merida merepresentasikan 18 nilai-nilai pendidikan karakter, walaupun dengan pola perkembangan yang berbeda-beda. Sejak awal hingga akhir film, terdapat 16 nilai-nilai yang Merida kembangkan dengan baik. Nilai-nilai tersebut adalah religius, jujur, disiplin, pekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, nasionalis, menghargai, ramah/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, cinta lingkungan, dan peduli sosial. Di sisi lain, nilai-nilai yang berkembang sejak tengah hingga akhir film adalah toleransi dan tanggung jawab. Nilai patriotis berkembang lambat sebelum klimaks. Walaupun Merida memilik 18 nilai-nilai pendidikan karakter beberapa diantaranya seperti bertanggung jawab dan toleransi ditunjukkan secara lemah di dalam film. Oleh karena itu, orang tua, guru, dan masyarakat harus memberikan penekanan lebih pada nilai-nilai tersebut untuk memberikan pandangan holistik kepada anak-anak dari seluruh nilai yang diamanatkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional (2010).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan karakter, Disney, animasi, fitur, film. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Larassati Cahya Kusuma |
Date Deposited: | 21 Feb 2020 05:31 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 05:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1027 |
Actions (login required)
View Item |