PEMANFAATAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) SEBAGAI BAHAN AJAR GURU BAHASA INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SMA N 1 SUKASADA

Artiwi, Kadek (2022) PEMANFAATAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) SEBAGAI BAHAN AJAR GURU BAHASA INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SMA N 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712011051-COVER.pdf

Download (390kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715051064-ABSTRAK.pdf

Download (56kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1712011051-BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1712011051-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1712011051-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712011051-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1712011051-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712011051-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712011051-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang pemanfaatan Buku Sekolah Elektronik (BSE) sebagai bahan ajar guru Bahasa Indonesia di SMA N 1 Sukasada. Penelitian ini mengimplementasikan rancangan deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian yang digunakan adalah guru Bahasa Indonesia di SMA N 1 Sukasada. Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode dokumentasi, wawancara dan angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan melalui uraian atau penjelasan. Penelitian ini berhasil mendapatkan hasil yang menunjukan bahwa pemanfaatan Buku Sekolah Elektronik (BSE) sebagai bahan ajar guru Bahasa Indonesia di SMA N 1 Sukasada dengan kategori baik. Guru sudah memanfaatkan BSE sebagai bahan ajar, baik bahan ajar utama, bahan ajar tambahan, maupun untuk penugasan kepada siswa. Pandangan Guru terhadap pemanfaatan BSE sebagai bahan ajar menujukan hasil sangat baik dengan presentase 83%. Pandangan Siswa terhadap pemanfaatan BSE sebagai bahan ajar juga mendapatkan hasil sebesar 77,4% dan termasuk kategori sangat baik, sehingga Buku Sekolah Elektronik (BSE) berhasil mendapatkan pandangan yang postif dari guru dan juga siswa. Selama pemanfaatan BSE terdapat beberapa kendala seperti, kurangnya tingkat penguasaan IT, sarana prasarana yang belum dimanfaatkan secara maksimal serta siswa masih kesulitan dalam mempelajari BSE karena bentuknya yang elektronik. Namun kendala-kendala yang dialami bukanlah kendala yang besar, sehingga sejauh ini pemanfaatan BSE masih terus berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: buku sekolah elektronik (BSE), pemanfaatan/bahan ajar, bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Kadek Artiwi
Date Deposited: 23 Feb 2022 01:00
Last Modified: 23 Feb 2022 01:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10277

Actions (login required)

View Item View Item