Pradnyana, Giri Tastra (2022) Development of Augmented Reality Based English Learning Materials for Young Learners. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1412021217-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1412021217-ABSTRAK.pdf Download (309kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1412021217-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (349kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1412021217-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1412021217-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (819kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1412021217-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1412021217-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1412021217-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (458kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1412021217-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar oleh siswa usia dini; (2) Mendeskripsikan desain produk bahan ajar berbasis Augmented Reality (AR) untuk anak usia dini; dan (3) mendeskripsikan kualitas bahan ajar berbasis AR yang dikembangkan untuk peserta didik usia dini SD Negeri 3 Banjar Jawa. Penelitian ini merupakan penelitian D&D (Design and Development) dengan model penelitian yang diadaptasi dari Henver. Model pengembangan bahan ajar terdiri dari enam tahap, yaitu a) mengidentifikasi masalah yang memotivasi penelitian; b) menggambarkan tujuan; c) merancang dan mengembangkan artefak; d) menguji artefak; e) mengevaluasi hasil pengujian; dan f) mengkomunikasikan hasil tersebut. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan beberapa metode, yaitu: pedoman wawancara, daftar periksa dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dibutuhkan oleh siswa usia dini di SD Negeri 3 Banjar Jawa merupakan bahan ajar yang interaktif untuk membantu siswa belajar tentang kosakata dan pengucapan. Materi pembelajaran merupakan materi pelengkap yang terdiri dari buku cerita dan aplikasi AR. Buku cerita dikembangkan menggunakan AutoDesk SketchBook. Aplikasi AR dikembangkan menggunakan Unity 3D dan Vuforia dan dirender sebagai APK (Android Package Kit). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis AR memiliki kualitas yang baik dan siap digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Disarankan juga agar guru mempertimbangkan bahan ajar dengan preferensi siswa dalam proses belajar mengajar, karena tersirat bahwa dengan melakukan itu proses belajar mengajar bisa lebih bermakna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan ajar, augmented reality, pebelajar muda |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Giri Tastra Pradnyana |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 10:13 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 10:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10364 |
Actions (login required)
View Item |