Adnyana, I Made Angga Dudi (2022) ANALYSIS OF GRAMMATICAL ERRORS COMMITTED BY SIXTH SEMESTER STUDENTS OF ENGLISH LANGUAGE EDUCATION IN UNDIKSHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612021246-COVER.pdf Download (986kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612021246-ABSTRACT.pdf Download (131kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021246-CHAPTER I.pdf Download (143kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021246-CHAPTER II.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021246-CHAPTER III.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021246-CHAPTER IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021246-CHAPTER V.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021246-REFERENCE.pdf Download (195kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612021246-APPENDICES.pdf Download (6MB) |
Abstract
Menulis untuk siswa Bahasa Inggris sebagai Bahasa Kedua (ESL atau TESL) merupakan keterampilan yang sangat menantang untuk dihadapi. Hal ini tidak hanya membutuhkan tidak hanya kosakata yang baik tetapi juga tata bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan jenis dan sumber kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa semester enam dalam menulis esai di ELE Undiksha. Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil penelitian menunjukkan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh semester enam dalam penulisan esainya meliputi penghilangan, penambahan, pemilihan, kesalahan pengurutan, pengaturan aturan, penggunaan archiform, dan penggunaan dua bentuk atau lebih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh mahasiswa semester enam adalah (omission) kelalaian. Dimana mahasiswa semester enam cenderung menghilangkan suatu unsur dari sebuah kalimat. Kesalahan kedua yang paling banyak dilakukan adalah (selection)pemilihan kata yang salah dan diikuti oleh (addition) kesalahan penambahan kata atau unsur dan(misordering) kesalahan pengurutan. Selanjutnya, kesalahan yang paling jarang dilakukan oleh mahasiswa semester enam adalah (regularizing rules) pengaturan aturan dan (using two or more form) penggunaan dua bentuk atau lebih secara bergantian secara acak. Sementara itu tidak ada kesalahan dalam esai mereka untuk jenis (double marking) kesalahan penandaan ganda dan (blends) campuran. Selanjutnya, ada dua sumber kesalahan yang dapat ditemukan dalam karangan siswa yaitu (interlingual transfer) transfer interlingual dan (intralingual transfer) transfer itralingual. Berdasarkan hasil temuan perlu bagi siswa untuk berlatih lebih banyak dan meminta profesional untuk meninjau tulisan. Selain itu, disarankan agar dosen memiliki keterlibatan yang luas selama proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesalahan tata bahasa, Siswa, Bahasa Inggris, Undiksha |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I Made Angga Dudi Adnyana |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 07:15 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 07:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10454 |
Actions (login required)
View Item |