THE EFFECT OF GAMIFICATION BASED ON BALINESE LOCAL STORIES AS A TEACHING MEDIA ON FIFTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS’ READING COMPREHENSION

Dewi, Kadek Eva Yanthi Kusuma (2020) THE EFFECT OF GAMIFICATION BASED ON BALINESE LOCAL STORIES AS A TEACHING MEDIA ON FIFTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS’ READING COMPREHENSION. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021040-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021040-ABSTRAK.pdf

Download (403kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021040-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (352kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021040-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021040-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021040-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Perkembangan industry revolusi 4.0 menuntut penggunaan media belajar yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek gamifikasi berdasarkan cerita lokal dari Bali sebagai media belajar terhadap kemampuan pemahaman membaca untuk kelas 5 SD. Penelitian ini menggunakan kuasi-eksperimental dengan desain one group pre-test post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 5 di SD N 5 Kampung Baru. Sampel dari penelitian ini adalah 31 siswa kelas 5 SD yang berada pada tahun akademik 2019/2020. Penelitian ini menggunakan dua instrument yaitu instrument perlakuan dan instrument pretest posttest. Sampel eksperimental diberikan pretest dan posttest sebanyak enam kali. Hasil dari posttest menunjukan perubahan yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman bacaan siswa. Hasil penelitian menujukan bahawa nilai rata-rata posttest siswa lebih tinggi dibandingan nilai rata-rata pretest (87.13 > 56.11). Hasil hypothesis testing (paired sample t-test) menunjukkan bahwa terdapat efek yang signifikan dari penggunaan gamifikasi berdasarkan cerita lokal Bali sebagai media mengajar terhadap kemampuan pemahaman membaca pada siswa kelas 5 SD yang dapat dilihat dari nilai thitung > ttabel 31.608 > 1.671. Penggunaan gamifikasi berdasarkan cerita lokal sebagai media belajar dapat digunakan dalam mengajar pemahaman membaca siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gamifikasi, Cerita lokal Bali, Pemahaman membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Kadek Eva Yanthi Kusuma Dewi
Date Deposited: 21 Feb 2020 05:51
Last Modified: 21 Feb 2020 05:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1047

Actions (login required)

View Item View Item