Dewi, Kadek Eva Yanthi Kusuma (2020) THE EFFECT OF GAMIFICATION BASED ON BALINESE LOCAL STORIES AS A TEACHING MEDIA ON FIFTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS’ READING COMPREHENSION. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612021040-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612021040-ABSTRAK.pdf Download (403kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021040-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (352kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (621kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (714kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021040-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021040-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (444kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612021040-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Perkembangan industry revolusi 4.0 menuntut penggunaan media belajar yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek gamifikasi berdasarkan cerita lokal dari Bali sebagai media belajar terhadap kemampuan pemahaman membaca untuk kelas 5 SD. Penelitian ini menggunakan kuasi-eksperimental dengan desain one group pre-test post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 5 di SD N 5 Kampung Baru. Sampel dari penelitian ini adalah 31 siswa kelas 5 SD yang berada pada tahun akademik 2019/2020. Penelitian ini menggunakan dua instrument yaitu instrument perlakuan dan instrument pretest posttest. Sampel eksperimental diberikan pretest dan posttest sebanyak enam kali. Hasil dari posttest menunjukan perubahan yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman bacaan siswa. Hasil penelitian menujukan bahawa nilai rata-rata posttest siswa lebih tinggi dibandingan nilai rata-rata pretest (87.13 > 56.11). Hasil hypothesis testing (paired sample t-test) menunjukkan bahwa terdapat efek yang signifikan dari penggunaan gamifikasi berdasarkan cerita lokal Bali sebagai media mengajar terhadap kemampuan pemahaman membaca pada siswa kelas 5 SD yang dapat dilihat dari nilai thitung > ttabel 31.608 > 1.671. Penggunaan gamifikasi berdasarkan cerita lokal sebagai media belajar dapat digunakan dalam mengajar pemahaman membaca siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gamifikasi, Cerita lokal Bali, Pemahaman membaca |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Kadek Eva Yanthi Kusuma Dewi |
Date Deposited: | 21 Feb 2020 05:51 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 05:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1047 |
Actions (login required)
View Item |