Rahayu, Ni Wayan Sri Sukma (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM MUATAN IPA KELAS IV SD NEGERI 9 PADANGSAMBIAN DENPASAR TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031021-COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031021-ABSTRAK.pdf Download (318kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (581kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (503kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031021-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilaksanakan karena media yang digunakan oleh guru kurang komunikatif, menarik dan bervariatif, sehingga menjadikan siswa mudah bosan dan jenuh. Tujuan pengembangan untuk menciptakan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual pada materi pelestarian sumber daya alam muatan IPA. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian meliputi ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan 12 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil review ahli isi pembelajaran menunjukkan kualifikasi sangat baik (100%), Hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan kualifikasi baik (88,63%). Hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan kualifikasi sangat baik (91,25%). Hasil uji coba perorangan menunjukkan kualifikasi sangat baik (79,16%), dan hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan kualifikasi sangat baik (87,22%). Jadi multimedia interaktif layak digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD. Implikasi dari penelitian ini yaitu penggunaan multimedia interaktif mampu menjadikan siswa tidak mudah bosan dan jenuh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, IPA, Kontekstual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Sri Sukma Rahayu |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 03:45 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 03:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10532 |
Actions (login required)
View Item |