PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA MATERI ADAPTASI MORFOLOGI KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BUNGBUNGAN KLUNGKUNG

Rahayu, NI Kadek Santhi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA MATERI ADAPTASI MORFOLOGI KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BUNGBUNGAN KLUNGKUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031061-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031061-ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031061-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (266kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031061-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031061-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031061-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031061-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031061-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031061-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena kurangnya variasi media pembelajaran yang dimiliki oleh guru khususnya pada mata pelajaran IPA sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar IPA siswa (78%). Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis problem based learning. Tujuan penelitian ini untuk menciptakan media komik digital yang layak dan efektif digunakan pada muatan pelajaran IPA materi adaptasi morfologi siswa kelas VI SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan subjek yang terlibat yaitu 1 ahli materi pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 orang siswa uji coba perorangan dan 9 orang siswa uji coba kelompok kecil, sementara uji efektivitas menggunakan 18 orang siswa. Metode pengumpulan data digunakan kuesioner, tes dan teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif serta statistik inferensial. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah media komik digital berbasis problem based learning yang layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil uji validitas dan efektivitas yang dilakukan menunjukkan hasil validitas komik digital menurut subjek uji coba secara berturut-turut sebesar 93%, 93,18%, 95%, 97,5%, dan 95,2% secara keseluruhan memiliki kategori sangat baik sehingga produk yang dikembangkan layak untuk digunakan. Sementara itu hasil perhitungan uji efektifitas berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung = 15,624 untuk db = 34 dan taraf signifikan 5% = 2,042. Hal ini berarti thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan kriteria pengujian, jika H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan (5%) sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran komik digital berbasis problem based learning. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media komik digital berbasis problem based learning efektif digunakan pada materi adaptasi morfologi kelas VI SD Negeri 2 Bungbungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Komik Digital
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Santhi Rahayu
Date Deposited: 24 Feb 2022 05:36
Last Modified: 24 Feb 2022 05:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10548

Actions (login required)

View Item View Item