PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI INTERAKTIF BERUPA TES OBJEKTIF BERBASIS STEAM PADA KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS 5 SD NO. 3 SIBANGGEDE

Dewi, Ajeng Wulan Trisna (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI INTERAKTIF BERUPA TES OBJEKTIF BERBASIS STEAM PADA KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS 5 SD NO. 3 SIBANGGEDE. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031291-COVER.pdf

Download (838kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031291-ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031291-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (341kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031291-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031291-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031291-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031291-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031291-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031291-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masa transisi dari pembelajaran daring ke Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) membutuhkan beberapa penyesuaian ulang. Seperti penyesuaian terhadap waktu belajar yang belum maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat rancang bangun dan juga menganalisis kualitas instrumen evaluasi dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan efektivitas pengecoh guna memaksimalkan pembelajaran dengan mengembangkan instrumen evaluasi muatan pelajaran IPS Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 sehingga dapat digunakan saat pembelajaran kolaborasi, juga membiasakan siswa menggunakan teknologi sesuai perkembangan zaman. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah ahli isi mata pelajaran, ahli desain, ahli media, dan 25 siswa kelas V. Pengumpulan data dalam pengembangan instrumen ini menggunakan metode tes (tes obyektif) dan nontes (wawancara tidak terstruktur, observasi, dan angket). Data yang didapatkan akan dianalisis menggunakan metode dan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) rancang bangun pengembangan instrumen evaluasi, (2) Hasil uji kualitas soal yang berkategori cukup baik berdasarkan analisis soal yang menunjukkan sebanyak 50% dari 40 soal valid, reliabilitas sangat tinggi, tingkat kesukaran perangkat soal didapatkan 0,58 yang termasuk kategori sedang, daya beda perangkat soal sebesar 0,20 yang termasuk kategori cukup baik, dan 23% pengecoh berkategori cukup baik, 20% berkategori baik, 17% berkategori kurang baik, 17% berkategori jelek, dan 23% berkategori sangat jelek. Jadi dapat disimpulkan bahwa instrumen evaluasi yang dikembangkan dapat digunakan menjadi variasi atau inovasi dalam proses evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Instrumen, STEAM.
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ajeng Wulan Trisna Dewi
Date Deposited: 24 Feb 2022 08:12
Last Modified: 24 Feb 2022 08:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10559

Actions (login required)

View Item View Item