Putra, I Gede Adi Darma (2022) Pengembangan Instrumen Evaluasi Interaktif Berbasis Pendekatan STEAM pada Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD No. 3 Sibanggede. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031148-COVER.pdf Download (445kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031148-ABSTRAK.pdf Download (68kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031148-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (162kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031148-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031148-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031148-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031148-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031148-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031148-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan yaitu untuk mengetahui rancang bangun serta mengetahui kelayakan butir soal instrumen evaluasi interaktif berbasis pedekatan STEAM pada kompetensi pengetahuan IPS kelas V SD. Penelitian ini menggunakan pengembangan model ADDIE. Berdasarkan hasil validitas melalui lembar angket validator yaitu hasil validasi ahli isi mata pelajaran 76,67% berkualifikasi baik, serta validasi dua ahli isi mata pelajaran untuk mengetahui kesesuaian butir soal, didapatkan hasil anlisis yaitu 1 yang bermakna bahwa validitas isi butir soal sangat tinggi, ahli desain pembelajaran 87,5% berkualifikasi baik, dan ahli media pembelajaran 92,85% berkualifikasi sangat baik. Selanjutnya yaitu menganalisi kelayakan soal pada instrument evaluasi yang mana subjek dari penelitian ini berjumlah 25 siswa. Dengan soal pilihan ganda berjumalah 40 butir. Hasil analisis soal yang didapat menunjukkan (1) sebanyak 50% dari 40 soal valid, (2) reliabilitas sangat tinggi, (3) 27,5% dari 40 atau sekitar 11 soal mudah, 60% atau 24 soal tingkat kesukarannya sedang, dan 12,5% atau 5 soal berada ditingkat sukar, (4) Sebanyak 77,5% butir soal memiliki daya beda yang kurang baik, 5% dikategorikan baik, dan 10% cukup baik, (5) Hasil dari uji efektivitas pengecoh adalah 23% berkategori sangat baik, 20% berkategori baik, 17% berkategori kurang baik, 17% berkategori jelek, dan 23% berkategori sangat jelek. Jadi dapat disimpulkan dari hasil validasi ahli bahwa instrumen evaluasi interaktif berbasis pendekatan STEAM pada kompetensi pengetahuan IPS layak untuk digunakan serta butir soal yang dapat digunakan hanya 50% dari total 40 soal yang sudah melalui analisis butir soal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrumen, Evaluasi, STEAM. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gede Adi Darma Putra |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 08:53 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 08:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10563 |
Actions (login required)
View Item |