PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DIGITAL INTERAKTIF BERBASIS PBL PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

Putra, I Made Candra Wahyudi (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DIGITAL INTERAKTIF BERBASIS PBL PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031310-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031310-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031310-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (598kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031310-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (922kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031310-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031310-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031310-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031310-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031310-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mengembangkan media LKPD Digital Interaktif pelajaran IPA materi sifat dan perubahan wujud benda di kelas V SD yang layak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, dengan tahapan-tahapan yaitu: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Penelitian ini hanya dilaksanakan sampai tahap uji coba ke siswa. Subjek penelitian ini adalah media LKPD Digital Interaktif pelajaran IPA materi sifat serta perubahan wujud benda. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah validitas media LKPD Digital Interaktif yang dikembangkan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian kepada 2 orang ahli meteri yaitu dua orang dosen serta 2 orang ahli media yaitu dosen. Instrumen yang digunakan dalam mengukur tingkat validitas media LKPD Digital Interaktif merupakan rating scale berupa lembar penilaian media LKPD dari ahli. Data yang didapatkan lalu dianalisis dengan rumus persentase agar mengetahui skor persentase validitas media LKPD. Persentase validitas materi media LKPD yakni 95% dengan kualitas sangat baik. Validitas media LKPD yang didapatkan yakni 97.09% dengan kualifikasi sangat baik. Adapun hasil uji coba pada 25 peserta didik mendapatkan hasil persentase 97.6% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil analisis terkait menunjukkan media LKPD Digital Interaktif untuk materi sifat dan perubahan wujud benda dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, LKPD digital interaktif, sifat dan perubahan wujud banda
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Made Candra Wahyudi Putra
Date Deposited: 03 Jun 2022 01:58
Last Modified: 03 Jun 2022 01:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10672

Actions (login required)

View Item View Item