PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS IV SD NEGERI 9 PADANGSAMBIAN

Wedayanti, Luh Ari (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS IV SD NEGERI 9 PADANGSAMBIAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031078-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031078-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031078-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (497kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031078-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031078-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031078-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031078-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031078-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (539kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031078-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilaksanakan karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang bervariasi dalam proses pembelajaran matematika di sekolah dasar. Hal tersebut mengakibatkan siswa kesulitan untuk memahami materi pembelajaran sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun dan kelayakan multimedia interaktif berbasis model Problem Based Learning pada muatan matematika. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan analyzed, design, development, implementation dan evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket/kuesioner. Subjek uji coba produk pada penelitian ini meliputi ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan siswa kelas IV di SD Negeri 9 Padangsambian. Teknik analisis data pada penelitian pengembangan ini yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) rancang bangun multimedia interaktif berbasis model Problem Based Learning sesuai dengan model pengembangan ADDIE. Multimedia interaktif dikembangkan dengan menggabungkan beberapa komponen media, yaitu: teks, gambar, suara, video dan dilengkapi tombol dengan navigasi yang outputnya berupa aplikasi android. (2) hasil uji kelayakan multimedia interaktif berbasis model Problem Based Learning menurut ahli isi pembelajaran memperoleh persentase sebesar 94,20%, ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 90,90%, ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 92,20%, hasil uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 94,20%, dan hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 93,60%. Berdasarkan perolehan hasil persentase menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis model Problem Based Learning berkualifikasi sangat baik sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Matematika, Problem Based Learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Luh Ari Wedayanti
Date Deposited: 13 Jun 2022 04:37
Last Modified: 13 Jun 2022 04:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10689

Actions (login required)

View Item View Item