Wedayanti, Luh Ari (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS IV SD NEGERI 9 PADANGSAMBIAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031078-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031078-ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031078-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (497kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031078-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (947kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031078-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (750kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031078-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031078-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031078-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (539kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031078-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilaksanakan karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang bervariasi dalam proses pembelajaran matematika di sekolah dasar. Hal tersebut mengakibatkan siswa kesulitan untuk memahami materi pembelajaran sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun dan kelayakan multimedia interaktif berbasis model Problem Based Learning pada muatan matematika. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan analyzed, design, development, implementation dan evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket/kuesioner. Subjek uji coba produk pada penelitian ini meliputi ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan siswa kelas IV di SD Negeri 9 Padangsambian. Teknik analisis data pada penelitian pengembangan ini yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) rancang bangun multimedia interaktif berbasis model Problem Based Learning sesuai dengan model pengembangan ADDIE. Multimedia interaktif dikembangkan dengan menggabungkan beberapa komponen media, yaitu: teks, gambar, suara, video dan dilengkapi tombol dengan navigasi yang outputnya berupa aplikasi android. (2) hasil uji kelayakan multimedia interaktif berbasis model Problem Based Learning menurut ahli isi pembelajaran memperoleh persentase sebesar 94,20%, ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 90,90%, ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 92,20%, hasil uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 94,20%, dan hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 93,60%. Berdasarkan perolehan hasil persentase menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis model Problem Based Learning berkualifikasi sangat baik sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, Matematika, Problem Based Learning. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Ari Wedayanti |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 04:37 |
Last Modified: | 13 Jun 2022 04:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10689 |
Actions (login required)
View Item |