PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PODCAST TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA DI KELAS XI SMA NEGERI 2 BANJAR

Setiawan, Komang Agus (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PODCAST TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA DI KELAS XI SMA NEGERI 2 BANJAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712011050-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712011050-ABSTRAK.pdf

Download (25kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712011050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (158kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1712011050-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1712011050-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712011050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712011050-BAB 5 PENTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712011050-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712011050-LAMPIRAN.pdf

Download (276kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar keterampilan berbicara siswa dengan media pembelajaran Podcast dan mengetahui pengaruh Podcast sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMA Negeri 2 Banjar. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Banjar yang tersebar dalam 2 kelas, yaitu kelas XI BABUD 1 dan 2. Pemilihan kelompok eksperimen dan kelompok control dilakukan dengan teknik random sampling. Data kemampuan berbicara dikumpulkan menggunakan penilaian unjuk kerja yang dilakukan dengan observasi atau pengamatan terstruktur terhadap setiap individu sampel penelitian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen sangat tinggi yakni 81,80, sedangkan kelompok kontrol tinggi 75,20. Terdapat perbedaan signifikan dalam keterampilan berbicara khususnya materi ceramah antara kelompok yang menggunakan media pembelajaran Podcast dengan yang menggunakan media platform pembelajaran zoom/google meet pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Banjar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Podcast, hasil belajar, keterampilan berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: KOMANG AGUS SETIAWAN
Date Deposited: 15 Jun 2022 06:16
Last Modified: 15 Jun 2022 06:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10714

Actions (login required)

View Item View Item