The Identification of Values of Character Education in the Characterizations of Hiro Hamada in Disney's Big Hero 6 (2014) Using Peirce's Semiotics

Dewi, Putu Nina Yulia (2020) The Identification of Values of Character Education in the Characterizations of Hiro Hamada in Disney's Big Hero 6 (2014) Using Peirce's Semiotics. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1512021124-COVER.pdf

Download (429kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1512021124-ABSTRAK.pdf

Download (196kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512021124-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512021124-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1512021124-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512021124-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1512021124-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512021124-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1512021124-LAMPIRAN.pdf

Download (551kB)

Abstract

Film animasi Disney dikenal sebagai film yang ramah keluarga dengan nilai-nilai pendidikan karakter yang baik. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi 18 nilai pendidikan karakter yang diusung oleh Kementrian Pendidikan Nasional (2010) yang direpresentasikan dalam karakterisasi Hiro Hamada dalam Disney Big Hero 6 (2014) dengan menggunakan analisis tekstual dan semiotika Peirce. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hiro memiliki 21 karakter dan 18 di antaranya adalah nilai-nilai pendidikan karakter. Nilai-nilai ini berkembang dalam berbagai pola sepanjang film, yaitu nilai-nilai yang ada sejak awal kemudian berkembang sepanjang film, nilai-nilai yang diperoleh selama konflik, dan nilai-nilai yang berkembang dari negatif ke positif. Penelitian ini menyiratkan bahwa Big Hero 6 (2014) tidak hanya ramah keluarga tetapi juga mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang menjadikannya media yang dapat diadaptasi untuk memperkenalkan dan mengembangkan karakter anak-anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Disney, animasi, fitur, film
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Putu Nina Yulia Dewi
Date Deposited: 24 Feb 2020 00:06
Last Modified: 24 Feb 2020 00:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1076

Actions (login required)

View Item View Item