Costadena, Ni Made Melinina Putri (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MUATAN IPA MATERI EKOSISTEM KELAS V SD NO. 3 KEROBOKAN KAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031085-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031085-ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031085-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (370kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031085-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (931kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031085-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (835kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031085-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 DAFTAR PUSTAKA)
1811031085-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031085-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (357kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031085-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) untuk mengetahui rancang bangun pengembangan E-LKPD interaktif berbasis discovery learning pada muatan IPA materi ekosistem kelas V SD No. 3 Kerobokan Kaja, dan (2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan E-LKPD interaktif berbasis discovery learning pada muatan IPA materi ekosistem kelas V SD No. 3 Kerobokan Kaja. Subjek uji penelitian pengembangan ini adalah ahli materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan peserta didik kelas V SD No. 3 Kerobokan Kaja. Penelitian pengembangan E-LKPD ini menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation. Metode pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini dengan melaksanakan observasi, wawancara, dan angket/kuesioner. Data tersebut dianalis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini meliputi: (a) rancang bangun pengembangan E-LKPD interaktif berbasis discovery learning melalui tahapan analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. (b) E-LKPD interaktif ini dapat dikatakan layak berdasarkan hasil review para ahli dan uji coba peserta didik. Hasil review para ahli meliputi (1) hasil review ahli materi pembelajaran memperoleh persentase sebesar 91,6%, (2) hasil review ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 93,75%, dan (3) hasil review ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 93,75%. Uji coba peserta didik meliputi: (1) uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 95%, dan (2) uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 95,31%. Presentase keseluruhan skor memperoleh kualifikasi sangat baik sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan E-LKPD interaktif berbasis discovery learning pada muatan IPA materi ekosistem kelas V SD No. 3 Kerobokan Kaja layak digunakan pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, E-LKPD, interaktif, model discovery learning. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Melinina Putri Costadena |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 02:07 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 02:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10764 |
Actions (login required)
View Item |