Dewi, Ni Ketut Rai Syntya (2022) PENGEMBANGAN APLIKASI INTERAKTIF BERBASIS KONTEKSTUAL LEARNING MATERI BANGUN DATAR KELAS IV DI SD NO 2 SEMBUNG KECAMATAN MENGWI KABUPATEN BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031292-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031292-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031292-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (653kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031292-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031292-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (909kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031292-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031292-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031292-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (524kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031292-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan mendeskripsikan validitas media pembelajaran aplikasi interaktif berbasis kontekstual learning materi keliling dan luas daerah bangun datar persegi, persegi panjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dan akar pangkat dua menurut para ahli dan uji coba produk. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pengujian produk yang dikembangkan dilakukan oleh tiga orang ahli, yang meliputi: ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran serta siswa sebagai subjek uji coba produk yang dikembangkan meliputi uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Jenis penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) sebagai langkahg-langkah sistematis dalam pengembangan produk. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Media pembelajaran aplikasi interaktif berbasis kontekstual learning materi keliling dan luas daerah bangun datar persegi, persegi panjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dan akar pangkat dua dinyatakan valid dengan: (a) hasil uji rancang bangun memperoleh hasil bahwa produk aplikasi interaktif berbasis kontekstual learning yang dikembangkan sesuai dengan model pengembangan ADDIE. (b) hasil review ahli isi pembelajaran memperoleh persentase 90,90% dengan kualifikasi sangat baik. (c) hasil review ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 94,25% dengan kualifikasi sangat baik. (d) hasil review ahli media pembelajaran memperoleh persentase 91,07% dengan kualifikasi sangat baik. (e) hasil uji coba perorangan memperoleh persentase 95,45% dengan kualifikasi sangat baik. (f) hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 93,43% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil review para ahli dan hasil subjek uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran aplikasi interaktif berbasis kontekstual learning adalah media yang layak digunakan dalam pembelajaran matermatika materi keliling dan luas daerah bangun datar persegi, persegi panjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dan akar pangkat dua di kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Aplikasi Interaktif, Kontekstual Learning, Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Rai Syntya Dewi |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 01:25 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 01:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10788 |
Actions (login required)
View Item |