Wulandari, Ni Putu Devi (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Sifat-Sifat Bangun Ruang Berbasis Guided Discovery Pada Materi Kubus dan Balok Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD No 1 Mengwi. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031049-COVER.pdf Download (633kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031049-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031049-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (510kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031049-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (744kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031049-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (859kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031049-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031049-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031049-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (527kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031049-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan karena penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi, bersifat monoton dan masih bersifat satu arah pada pembelajaran matematika. Hal tersebut mengakibatkan sebagian peserta didik memiliki hasil belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun dan kelayakan media pembelajaran interaktif sifat-sifat bangun ruang berbasis guided discovery pada materi kubus dan balok mata pelajaran matematika. Penelitian mengacu pada model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba produk pada penelitian ini meliputi ahli isi pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran dan siswa kelas V di SD No. 1 Mengwi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) rancang bangun media pembelajaran interaktif berbasis guided discovery sesuai dengan model pengembangan ADDIE. Media pembelajaran interaktif dikembangkan dengan memandukan beberapa komponen media yang meliputi teks, gambar, video dan dilengkapi tombol navigasi. (2) berdasarkan data hasil uji kelayakan produk menurut ahli isi pembelajaran memperoleh persentase sebesar 94,6%, ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 90%, ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 91,1%, hasil uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 95,4%, dan hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 97,4%. Berdasarkan perolehan hasil persentase tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan berkualifikasi sangat baik sehingga dapat dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Interaktif, Guided Discovery, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Devi Wulandari |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 00:49 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 00:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10853 |
Actions (login required)
View Item |