Pengembangan Media E-Komik Pada Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Muatan IPS Siswa kelas IV SD Negeri 1 Dauh Peken Tabanan

Sedana, I Gusti Putu Agung Artika (2022) Pengembangan Media E-Komik Pada Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Muatan IPS Siswa kelas IV SD Negeri 1 Dauh Peken Tabanan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031215-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031215-ABSTRAK.pdf

Download (54kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031215-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031215-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031215-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031215-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031215-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031215-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031215-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan rancang bangun media e-komik pada materi jenis-jenis pekerjaan muatan IPS (2) Untuk mengetahui kelayakan media e-komik pada materi jenis-jenis pekerjaan muatas IPS. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner/angket. Uji coba produk dilakukan oleh beberapa ahli dan peserta didik yang meliputi (1) uji rancang bangun (2) ahli isi mata pelajaran, (3) ahli desain pembelajaran, (4) ahli media pembelajaran, (5) uji coba perorangan (3 orang siswa), (6) uji coba kelompok kecil (9 orang siswa). Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Rancang bangun media e-komik dikemas dalam bentuk web dan dapat diakses menggunakan handphone maupun laptop, serta didalamnya terdapat gambar-gambar kartun, dialog dan latihan soal. Berdasarkan hasil kuisioner uji rancang bangun memperoleh persentase sebesar 100,00% yang menyatakan rancang bangun media e-komik sudah sesuai dengan tahapan analisis model pengembangan ADDIE, berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan tingkat persentase kelayakan media pembelajaran e-komik menurut ahli isi mata pelajaran sebesar 93,18% dengan kualifikasi sangat baik, tingkat persentase kelayakan media pembelajaran e-komik menurut ahli desain pembelajaran sebesar 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, tingkat persentase kelayakan media pembelajaran e-komik menurut ahli media pembelajaran sebesar 92,50% dengan kualifikasi sangat baik, pada uji perorangan tingkat persentase kelayakan media e-komik sebesar 92,50% dengan kualifikasi sangat baik, dan pada uji coba kelompok kecil persentase kelayakan media e-komik sebesar 94,44 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini media e-komik layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada materi jenis-jenis pekerjaan muatan IPS untuk siswa kelas IV di SD Negeri Dauh Peken Tabanan Tahun 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media E-Komik, Muatan IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gusti Putu Agung Artika Sedana
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:43
Last Modified: 07 Jul 2022 03:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10935

Actions (login required)

View Item View Item